Arab Saudi Bakal Sediakan Vaksin Covid Secara Gratis untuk Semua Warga

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 24 November 2020 - 05:08:00 WIB
Arab Saudi Bakal Sediakan Vaksin Covid Secara Gratis untuk Semua Warga
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi pada Senin (23/11/2020) menyatakan, vaksin Covid akan disediakan gratis untuk semua orang yang tinggal di kerajaan itu. TV pemerintah setempat melaporkan, kemarin.

Kementerian itu juga menyatakan, pemerintah berharap memiliki cukup vaksin untuk mencakup 70 persen populasi di negeri padang itu pada akhir 2021. Demikian saluran TV Akhbariyah mengungkapkan rencana penguasa Saudi tersebut di Twitter.

Juru Bicara Kemenkes Arab Saudi, Muhammad al-Abdul Ali menuturkan, kepatuhan dan kedisiplinan yang berkelanjutan terhadap protokol kesehatan tetap menjadi faktor utama yang akan melindungi masyarkat dari virus corona. “Bahkan ketika vaksinasi ditunda sekalipun,” ujarnya saat jumpa pers di Riyadh, Senin (23/11/2020).

Dia mengatakan, Arab Saudi akan memastikan vaksin corona yang diberikan kepada warga nanti adalah vaksin yang benar-benar efektif, aman, dan disetujui oleh badan-badan resmi.

Tingkat kesembuhan pasien Covid di Arab Saudi kini nyaris menyentuh 97 persen. Selain itu, tren lonjakan harian infeksi virus corona di negeri itu juga terus menurun.

Saudi Gazette melansir, data yang dihimpun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi per Senin (23/11/2020) kemarin menunjukkan, total kejadian infeksi virus corona di sana sejauh ini sebanyak 355.489 kasus. Sementara, total pasien Covid-19 yang telah sembuh di negara itu mencapai 343.816 kasus.

Negeri padang pasir itu terus menunjukkan penurunan yang stabil dalam lonjakan kasus hariannya. Tak hanya itu, kasus Covid aktif di kerajaan itu juga turun secara signifikan, yakni hanya tinggal 5.877 pasien yang masih dirawat sampai kemarin. Dari jumlah tersebut, 765 di antaranya dalam kondisi kritis.

Editor : Ahmad Islamy Jamil