AS Gugat Sahabat Donald Trump atas Utang Pajak Rp29 Miliar

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 17 April 2021 - 11:59:00 WIB
AS Gugat Sahabat Donald Trump atas Utang Pajak Rp29 Miliar
Sekutu politik yang juga sahabat Donald Trump, Roger Stone. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Departemen Kehakiman AS pada Jumat (16/4/2021) menggugat sahabat mantan Presiden Donald Trump, Roger Stone, atas utang senilai 2 juta dolar AS (Rp29 miliar) dalam bentuk pajak penghasilan yang belum dibayar ke negara. Hal itu terungkap lewat dokumen pengadilan yang dilihat oleh Reuters, baru-baru ini.

Dalam gugatan perdata yang diajukan ke pengadilan federal di Florida, disebutkan bahwa Stone dan istrinya, Nydia, menggunakan sebuah entitas komersial untuk melindungi pendapatan pribadi mereka dari penagihan. Keduanya juga dituduh menikmati gaya hidup mewah, meski berutang hampir 2 juta dolar AS dalam bentuk pajak, bunga, dan denda pajak yang belum dibayar.

Merespons gugatan tersebut, Stone mengatakan, tagihan pajaknya sudah menjadi rahasia umum selama bertahun-tahun. Dia pun menyebut klaim gaya hidup mewah yang dicantumkan dalam gugatan itu sebagai “lelucon yang menggelikan”.

“Ini adalah contoh lain dari (orang-orang) Partai Demokrat mempersenjatai Departemen Kehakiman dengan cara melanggar aturan hukum. Saya akan melawan tuduhan bermotif politik ini dan saya akan menang lagi,” kata Stone dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Sabtu (17/4/2021).

Stone, yang kini berusia 68 tahun, adalah seorang politikus Partai Republik yang kontroversial. Dia terkenal dengan gaya berpakaian kelas atasnya, serta tato wajah mantan Presiden AS Richard Nixon di punggungnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: