AS Kucurkan Bantuan Rp216 Miliar untuk Palestina, Balikkan Kebijakan Era Trump

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 26 Maret 2021 - 20:16:00 WIB
AS Kucurkan Bantuan Rp216 Miliar untuk Palestina, Balikkan Kebijakan Era Trump
Sejumlah janji Presiden Joe Biden untuk memperbaiki hubungan AS dengan Palestina. (Infografis: iNews.id)

WASHINGTON DC, iNews.idAmerika Serikat pada pekan ini mengumumkan keputusan untuk memberikan bantuan kemanusiaan sebesar 15 juta dolar AS (Rp216,39 miliar) kepada rakyat Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

“Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) menyediakan dana ini untuk menangani kebutuhan kemanusiaan yang paling mendesak dan menyelamatkan jiwa di Tepi Barat dan Gaza,” ungkap Departemen Luar Negeri (Deplu) AS dalam pernyataan yang dikutip dari Alarabiyah, Jumat (26/3/2021).

Pengumuman itu adalah langkah lain yang diambil Pemerintah AS  di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden untuk membalikkan berbagai kebijakan kontroversial di era Donald Trump terhadap Palestina. 

Saat masih menjabat, Trump menghentikan bantuan AS untuk badan PBB yang membantu pengungsi Palestina (UNRWA). Politikus Partai Republik itu juga menutup kantor Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Washington DC. Trump bahkan juga memindahkan kantor kedutaan AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Sementara, Biden berjanji untuk mengembalikan bantuan ke Palestina sebagai salah satu langkah yang akan dia ambil untuk menolong negara Arab itu.

“Dengan bantuan ini, USAID mendukung upaya tanggap Covid-19 dari (organisasi)Catholic Relief Services di fasilitas perawatan kesehatan dan komunitas yang terkena dampak di seluruh Tepi Barat dan Gaza,” kata Deplu AS.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2