AS Jatuhkan Sanksi kepada 2 Jenderal Myanmar terkait Kudeta, Bekukan Aset dan Larangan Perjalanan

Anton Suhartono ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 08:27:00 WIB
AS Jatuhkan Sanksi kepada 2 Jenderal Myanmar terkait Kudeta, Bekukan Aset dan Larangan Perjalanan
AS menjatuhkan sanksi kepada jenderal Myanmar terkait kudeta menggulingkan Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap dua jenderal Myanmar yang dianggap bertanggung jawab dalam kudeta militer menggulingkan Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu.

Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS menyatakan, dua jenderal yang dijatuhi sanksi adalah Moe Myint Tun dan Maung Maung Kyaw.

"Militer harus menghentikan tindakannya dan segera memulihkan pemerintahan yang dipilih secara demokratis di Burma atau Departemen Keuangan tidak akan ragu mengambil tindakan lebih lanjut," bunyi pernyataan, merujuk pada nama lain Myanmar, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (23/2/2021).

Departemen Keuangan membekukan aset siapa saja yang masuk dalam daftar hitam serta melarang warga atau entitas AS menjalin kerja sama apa pun dengan mereka. Para jenderal itu juga dilarang masuk AS.

Presiden Joe Biden pada pertengahan Februari menandatangani perintah eksekutif yang membuka jalan untuk menjatuhkan sanksi terhadap para jenderal Myanmar pascakudeta militer.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2