AS Ledakkan 18 Ton Bom Picu Gempa M3,9 Hanya untuk Menguji Kekuatan Kapal Induk

Anton Suhartono ยท Selasa, 22 Juni 2021 - 08:29:00 WIB
AS Ledakkan 18 Ton Bom Picu Gempa M3,9 Hanya untuk Menguji Kekuatan Kapal Induk
Militer AS meledakkan 18 ton bom di laut Florida hingga memicu gempa M3,9 hanya untuk menguji kekuatan kapal induk USS Gerald R Ford (Screengrab: US Navy)

MIAMI, iNews.id - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat meledakkan bom seberat 18 ton di laut hingga memicu gempa bumi bermagnitudo 3,9 di Daytona, Florida, Jumat pekan lalu. 

Tujuan peledakan itu hanya untuk menguji kekuatan kapal induk USS Gerald R Ford dalam menahan getaran kuat. Kapal lego jangkar tak begitu jauh dari titik ledakan.

Guncangan gempat dirasakan warga Daytona meskipun titik ledakan berjarak 160 kilometer dari daratan.

Seorang juru bicara militer AS mengatakan, bukan sesuatu yang aneh ledakan seperti itu memicu gempa bumi.

Guncangan gempa juga terdeteksi oleh Badan Survei Geologi AS (USGS) yang menyebutkan gempa bertitik pusat di 170 kilometer dari timur laut Ponde Inlet.

USGS juga menyebutkan gempa bukan dipicu aktivitas tektonik maupun vulkanik, melainkan uji coba peledakan.

Uji coba ini bertujuan mengetahui efek ledakan terhadap kapal perang AL AS. Para ahli ingin melihat seberapa tahan kapal perang dari efek ledakan saat berada di atas air serta dampak yang diberikan dari gelombang di bawah permukaan laut.

Ledakan itu juga menguji ketahanan lambung kapal dan yang pasti kemampuannya dalam menjalani misi peperangan.

Sementara itu video ledakan yang diunggah akun Twitter USS Geral R Ford pada 20 Juni telah dilihat lebih dari 798.000 kali hingga Selasa (22/6/2021).

Editor : Anton Suhartono