Aung San Suu Kyi Kembali Divonis Penjara, Kali Ini atas Tuduhan Kecurangan Pemilu

Anton Suhartono ยท Jumat, 02 September 2022 - 13:25:00 WIB
Aung San Suu Kyi Kembali Divonis Penjara, Kali Ini atas Tuduhan Kecurangan Pemilu
Aung San Suu Kyi kembali dijatuhi hukuman penjara 3 tahun atas tuduhan kecurangan pemilu (Foto: Ruters)

NAYPYIDAW, iNews.id - Pengadilan Myanmar yang dikendalikan pemerintahan junta kembali menjatuhkan vonis penjara terhadap Aung San Suu Kyi. Kali ini mantan pemimpin sipil itu dijatuhi hukuman penjara 3 tahun dan kerja paksa atas tuduhan kecurangan dalam pemilu.

Seoranvg sumber yang meminta namanya tak dipublikasikan karena tidak berwenang berbicara kepada media, mengatakan tidak jelas bagaimana hukuman kerja paksa yang harus dilakukan Suu Kyi. 

Selain Suu Kyi, mantan presiden Myanmar Win Myint juga dijatuhi hukuman yang sama.

Ini merupakan vonis penjara kesekian kali yang diterima Suu Kyi terkait serangkaian tuduhan sejak digulingkan pada 1 Februari 2021. Dalam sidang-sidang sebelumnya, Suu Kyi dijatuhi hukuman 17 tahun penjara lebih. Dia menyangkal semua tuduhan terhadapnya.

Untuk sidang terbaru, Suu Kyi dituduh melakukan penipuan dalam pemilu pada November 2020 sehingga partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), menang. NLS berhasil memperoleh suara mayoritas di legislatif, mengalahkan partai militer.

Militer Myanmar menggulingkan Suu Kyi dan partainya, NLD, yang hendak membentuk pemerintahan baru pasca-kemenangan dalam pemilu.

Militer menuduh pemilu penuh kecurangan, namun dibantah mentah-mentah oleh NLD serta komisi pelilihan umum.

Suu Kyi diadili selama lebih dari setahun atas berbagai tuduhan, mulai dari korupsi, menghasut, hingga membocorkan rahasia, dengan hukuman gabungan maksimum lebih dari 190 tahun penjara.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda