Baku Tembak Polisi dan Geng Narkoba, 21 Orang Tewas termasuk 1 Perempuan

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 05:14:00 WIB
Baku Tembak Polisi dan Geng Narkoba, 21 Orang Tewas termasuk 1 Perempuan
Polisi Brasil sedang menjalankan tugas mereka (ilustrasi). (Foto: Reuters)

RIO DE JANEIRO, iNews.idBaku tembak antara polisi dan geng narkoba terjadi di sebuah perkampungan kumuh di sisi utara Rio de Janeiro, Brasil, Selasa (24/5/2022). Sedikitnya 21 orang tewas tertembak dalam peristiwa itu.

Reuters melansir, baku tembak itu bermula dari penggerebekan yang dilakukan polisi untuk menangkap para gembong organisasi penyelundupan narkoba di Vila Cruzeiro favela (sebutan daerah kumuh tersebut oleh masyarakat sekitar). Di antara korban tewas terdapat seorang perempuan penduduk setempat.

Polisi mengatakan, 20 korban tewas lainnya diduga anggota geng yang melawan aparat saat penggerebekan berlangsung. Mereka menembaki polisi dengan senjata otomatis.

Warga mengatakan, baku tembak dimulai pada pukul 04.00 dini hari di daerah berhutan di sebelah Vila Cruzeiro. Hal itu memicu ketakutan dan kepanikan warga di daerah kumuh tersebut. 

Tembakan lalu dimulai lagi pada sore harinya, kata seorang fotografer Reuters di dekat tempat kejadian. Tujuh orang yang terluka dibawa ke rumah sakit, termasuk seorang polisi.

Dalam operasi tersebut, polisi juga mengerahkan sebuah helikopter, menargetkan para pemimpin Comando Vermelho, geng kejahatan terorganisasi terbesar di Rio.

“(Baku tembak) itu adalah konfrontasi yang sangat intens,” kata juru bicara pasukan polisi militer yang memimpin operasi itu, Kolonel Ivan Blaz, kepada wartawan. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: