Beijing Bakal Tes Virus Corona terhadap 1 Juta Orang Setiap Hari

Anton Suhartono ยท Senin, 22 Juni 2020 - 06:01 WIB
Beijing Bakal Tes Virus Corona terhadap 1 Juta Orang Setiap Hari

Sekitar 1 juta warga Beijing akan dites virus corona dalam sehari (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Otoritas Beijing, China, mampu melakukan tes virus corona terhadap sekitar 1 juta orang setiap hari setelah terjadi lonjakan kasus di ibu kota negara itu sepekan terakhir.

Pengetesan terus dilakukan di penjuru kota berpenduduk sekitar 20 juta jiwa itu demi mengendalikan lonjakan terbaru Covid-19 yang didominasi dari cluster pasar induk Xinfadi.

Sejak sepekan terakhir, otoritas sudah melakukan tes kepada sekitar 2,3 juta warga. Mulanya tes diprioritaskan kepada pedagang serta warga yang pernah berkunjung ke pasar Xinfadi serta warga yang tinggal di sekitarnya.

Setelah itu pengetesan asam nukleat meluas kepada pekerja restoran dan kurir makanan.

Juru Bicara Komisi Kesehatan Beijing Gao Xiaojun, seperti dikutip dari Reuters, Senin (22/6/2020), mengatakan, sejak lonjakan kasus terbaru, kapasitas tes ditambah dua kali lipat menjadi 230.000 per hari di 124 lokasi.

Namun tes bisa dilakukan jauh lebih banyak lagi karena beberapa sampel bisa dimasukkan sekaligus dalam satu tabung. Artinya, kata Gao, dalam sehari otoritas bisa menampung hampir 1 juta sampel.

Pengumpulan sampel dengan metode yang sama juga dilakukan di Kota Wuhan, pusat wabah virus corona, pada bulan lalu. Lebih dari 10 juta warga Wuhan dites dalam 2 pekan.

Gao menambahkan, otoritas Beijing mendapat bantuan sumber daya tambahan dari Provinsi Hubei dan Liaoning yang mengirim sekitar 200 tenaga staf laboratorium.

Dengan demikian peningkatan kapasitas tes bisa dilakuka segera seperti terjadi di Wuhan.

Editor : Anton Suhartono