Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, 2,3 Juta Warga Beijing Dites Virus Corona dalam Sepekan

Anton Suhartono ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 14:11 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, 2,3 Juta Warga Beijing Dites Virus Corona dalam Sepekan

Warga Beijing menjalani tes virus corona (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Otoritas Kota Beijing, China, mengintensifkan tes virus corona bagi warganya menyusul lonjakan kasus baru yang didominasi cluster pasar induk Xinfadi.

Hingga Sabtu (20/6/2020), hampir 2,3 juta warga sudah menjalani tes virus corona, seperti dikutip dari Xinhua, Minggu (21/6/2020).

Sebanyak 2.083 pos pengambilan sampel di 474 area seluruh Beijing disiapkan untuk melayani jutaan warga. Sementara otoritas mengerahkan 7.472 staf medis.

Tes Covid-19 yang mulai 13 Juni, diprioritaskan kepada pedagang serta orang-orang yang pernah berkunjug ke pasar induk daging, sayur, dan buah-buahan itu. Disusul kemudian dengan warga yang tinggal di lingkungan pasar.

Setelah itu karyawan restoran, pelayan toko bahan makanan, serta kurir barang dan makanan, juga sudah dan akan dites.

Beijing mengonfirmasi lebih dari 200 penderita Covid-19 yang ternfeksi secara lokal sejak lonjakan kasus baru terjadi pada 11 Juni.

Sosok orang yang pertama kali membawa virus corona di cluster Pasar Xinfadi, atau ‘patient zero’ terungkap beberapa hari lalu. Dia merupakan pria 52 tahun yang berbelanja ikan di pasar pada awal Juni lalu.

Pria bermarga Tang itu jatuh sakit setelah mengunjungi pasar Xinfadi pada 3 Juni.

“Saya pergi membeli ikan. Anak-anak saya ingin makan ikan. Saya pun membelinya dan kemudian terinfeksi,” kata Tong.

Setelah mengeluh tak enak badan, Tong pergi ke rumah sakit pada Rabu pekan lalu dan keesoka harinya dipastikan terjangkit virus.

Editor : Anton Suhartono