Belanda akan Tuntut Rusia di Pengadilan HAM Internasional Terkait Jatuhnya Pesawat MH17

Arif Budiwinarto · Sabtu, 11 Juli 2020 - 10:10:00 WIB
Belanda akan Tuntut Rusia di Pengadilan HAM Internasional Terkait Jatuhnya Pesawat MH17
Sisa badan pesawat Malaysia Airlines MH17 yang hancur akibat ditembak rudal di Ukraina (foto: AFP)

HAGUE, iNews.id - Pemerintah Belanda berencana menuntut Rusia di Pengadilan Hak Asasi Manusia Internasional (ECHR) atas insiden jatuhnya pesawat MH17 yang menewaskan semua penumpang dan kru pesawat.

Pesawat MH17 milik Malaysia Airlines jatuh pada 17 Juli 2014 dalam perjalanan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur. Seluruh penumpang pesawat berjenis BOEING 777 yang berjumlah 298 orang tewas.

Tim Investigasi Gabungan (JIT) dalam pertemuan di Belanda menunjukkan sejumlah video dan gambar dari peta yang diambil oleh truk yang mengangkut rudal melintasi perbatasan.

Dari lokasi pesawat dinyatakan jatuh yakni 50 kilometer dari perbatasan Ukraina-Rusia daan terjadi selama perang di Donbass, Dewan Keselatan Belanda menyimpulkan pada Oktober 2015 bahwa rudal permukaan Buk ditembakkan ke arah pesawat MH17.

Setahun kemudian JIT yang dipimpin Belanda menyimpulkan bahwa rudal itu dibawa ke Ukraina dari Rusia pada hari kecelakaan itu dan ditembakkan dari daerah yang dikuasai pemberontak pro-Rusia dan kemudian peluncur itu bergerak kembali melintasi perbatasan ke Rusia.

Guna menuntut pertanggungjawaban Rusia, Belanda akan membawa kasus tersebut ke pengadilan internasional. Langkah ini dinilai perlu sebagai bentuk komitmen pemerintah Belanda memberikan keadilan bagi keluarga korban.

"Pengajuan ini merupakan langkah terbaru kami dalam upaya membangun kebenaran, keadilan, dan akuntabilitas," kata Menteri Luar Negeri Belanda, Stef Blok, dikutip dari Sidney Morning Herald (SMH), Sabtu (11/7/2020).

"Mencari keadilan bagi 298 korban dari jatuhnya pesawat MH17 akan tetap menjadi prioritas utama pemerintah."

"Dengan membawa kasus ini ke ECHR dan dukungan dari keluarga, kami bergerak lebih dekat ke tujuan," lanjutnya.

Sementara itu, Pemerintah Rusia membantah dengan tegas keterlibatannya dalam insiden jatuhnya pesawat MH17. Namun demikian, Moskow memastikan akan bekerjasama jika kasus tersebut benar diajukan oleh Belanda ke Pengadilan HAM Internasional.

Sejauh ini sudah ada tiga warga negara Rusia yang tengah diadili di Belanda atas tuduhan memiliki peran pada kecelakaan pesawat terburuk di era modern.

Editor : Arif Budiwinarto

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda