Bom Bunuh Diri Guncang Pakistan, 8 Orang Tewas Termasuk 2 Polisi

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 09:21 WIB
Bom Bunuh Diri Guncang Pakistan, 8 Orang Tewas Termasuk 2 Polisi

Personel keamanan Pakistan mengamankan lokasi ledakan bunuh diri di Quetta pada 17 Februari 2020. (FOTO: BANARAS KHAN / AFP)

QUETTA, iNews.id - Ledakan bom bunuh diri menggunang barat daya Pakistan, Senin (18/2/2020). Setidaknya delapan orang -termasuk dua petugas polisi- tewas dan beberapa lainnya luka dalam serangan itu.

Serangan bunuh diri itu terjadi di Kota Quetta, barat daya Provinsi Balochistan, yang penuh dengan pemberontak.

Pejabat polisi Abdul Razzaq Cheema mengatakan kepada AFP, pengebom bunuh diri muda mencoba memasuki sebuah acara keagamaan tetapi polisi mencegatnya di pagar penghalang keamanan.

"Ketika polisi menggeledahnya, dia meledakkan rompinya, mengakibatkan pembunuhan delapan orang termasuk dua polisi, sementara melukai 23 lainnya," kata Cheema, seperti dilaporkan AFP, Selasa (18/2/2020).

Jumlah korban dikonfirmasi oleh juru bicara rumah sakit setempat, Mohammad Waseem Baig.

Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan itu.

Serangan itu terjadi pada hari yang sama ketika Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres -yang berada di Pakistan dalam kunjungan tiga hari- memuji situasi keamanan negara yang membaik.

Namun Balochistan, provinsi terbesar dan termiskin di Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan dan Iran, tetap menjadi rumah bagi pemberontak Islam, separatis, dan sektarian.

Militan masih melakukan serangan, termasuk di pusat-pusat kota besar dan analis sejak lama memperingatkan Pakistan belum mengatasi akar penyebab ekstremisme.

Editor : Nathania Riris Michico