Bukan Hanya Selebaran Propaganda, Flasdisk Drama Korea dan Uang Dolar Juga Dikirim ke Korut

Anton Suhartono ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 12:46 WIB
Bukan Hanya Selebaran Propaganda, Flasdisk Drama Korea dan Uang Dolar Juga Dikirim ke Korut

Balon membawa selebaran propaganda anti-Korut diterbangkan menggunakan balon dari wilayah Korsel (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id - Para pembelot Korea Utara (Korut) serta aktivis kembali mengirim selebaran propaganda melalui perbatasan Korea Selatan (Korsel). Mereka tak mengindahkan ancaman balasan dari Korut.

Balon-balon membawa 500.000 selebaran propaganda anti-Korut diterbangkan pada Senin (22/6/2020).

Kali ini mereka tak hanya mengirim selebaran, tapi juga flashdisk berisi rekaman videl drama Korea serta lagu-lagu Barat. Bukan hanya itu, mereka juga mengirim uang pecahan 1 dolar AS sebanyak 2.000 lembar bagi siapa saja yang mau mengambil media propaganda tersebut.

Meskipun pihak berwenang Korsel telah berusaha untuk menggagalkan pengiriman tersebut, para aktivis tidak kalah cerdik. Mereka memilih waktu malam hari.

Kelompok aktivis Pejuang Pembebasan Korea Utara menyatakan, meereka menerbangkan 20 balon melalui perbatasan Paju.

“Selebaran anti-Korut diterbangkan dengan embusan angin ke selatan," kata pemimpin kelompok, Park Sang Hak, seraya bersumpah akan melanjutkan aksi itu, dikutip dari AFP, Selasa (23/6/2020).

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat setelah Korut meledakkan kantor penghubung di perbatasan serta mengancam akan menambah personel militer di sekitar Zona Demiliterisasi.

Peledakan dilakukan sebagai respons atas pengiriman selebaran propaganda yang sudah berlangsung beberapa pekan. Korut menuduh pemerintah Korsel terlibat dengan membiarakan aksi tersebut.

Korut akan membalas dengan mengirim 12 juta selebaran propaganda tandingan yang akan diseberangkan ke perbatasan menggunakan 3.000 balon dan alat lain.

Editor : Anton Suhartono