Calon Menhan AS Pilihan Joe Biden Sebut Iran Tetap Jadi Ancaman di Timur Tengah

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 20 Januari 2021 - 06:05:00 WIB
Calon Menhan AS Pilihan Joe Biden Sebut Iran Tetap Jadi Ancaman di Timur Tengah
Kandidat Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Kandidat Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, menyatakan Iran telah menimbulkan ancaman bagi sekutu Amerika di wilayah Timur Tengah. Tak hanya itu, menurut dia, Teheran juga menjadi ancaman bagi pasukan AS yang di tempatkan di kawasan tersebut.

“Iran terus menjadi unsur yang merusak stabilitas di kawasan (Timur Tengah) itu.  Negara itu benar-benar menjadi ancaman bagi mitra kami di kawasan dan pasukan yang telah kami tempatkan di kawasan itu,” kata Austin saat menjalani sidang konfirmasi di Senat AS, Washington DC, Selasa (19/1/2021) waktu setempat.

“Jika Iran ingin mendapatkan kemampuan nuklir, hampir setiap masalah yang kita hadapi di kawasan itu akan lebih sulit untuk ditangani karenanya,” ujar pensiunan jenderal Angkatan Darat AS calon pemimpin Pentagon itu.

Pada 8 Desember lalu, presiden terpilih AS Joe Biden menunjuk Austin menjadi menteri pertahanan di kabinetnya. Jika lolos ke Pentagon, dia bakal menjadi menteri pertahanan AS pertama dari kalangan kulit hitam. 

Reuters melansir, Austin sebelumnya pernah ditugaskan untuk mengawasi pasukan Amerika Serikat di Timur Tengah di bawah kepemimpinan Presiden Barack Obama.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2