Iran Tembakkan Rudal Balistik Baru ke Samudera Hindia, Kirim Pesan Begini kepada Musuh

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 17 Januari 2021 - 12:29:00 WIB
Iran Tembakkan Rudal Balistik Baru ke Samudera Hindia, Kirim Pesan Begini kepada Musuh
Uji coba rudal Iran belum lama ini. (Foto-foto: Reuters)

TEHERAN, iNews.id – Garda Revolusi Iran menguji coba rudal balistik terhadap target di Samudera Hindia. Uji coba itu berlangsung di saat mereka menyelesaikan latihan tempur selama dua hari, demikian situs resmi militer negara itu melaporkan, akhir pekan ini.

Dalam uji coba tersebut, rudal-rudal Iran dari berbagai kelas menyasar “kapal perang musuh” dan menghancurkannya dari jarak 1.800 kilometer (1.125 mil), menurut laman Sepahnews, dikutip kembali AFP, Sabtu (16/1/2021).

Rudal itu ditembakkan dari Iran Tengah dengan sasaran yang terletak di Samudera Hindia bagian utara. Sebuah video yang dirilis oleh televisi pemerintah menunjukkan dua rudal diluncurkan dan target ditembak di laut.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayjen Mohammad Bagheri, turut hadir pada hari kedua latihan militer itu. Dia didampingi Panglima Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Hossein Salami, dan komandan kedirgantaraan Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh.

“Rudal jarak jauh untuk target maritim menunjukkan bahwa jika musuh menunjukkan niat buruk terhadap kepentingan nasional, rute perdagangan, atau wilayah maritim kita (Iran), mereka akan menjadi sasaran dan dihancurkan oleh rudal kita,” kata Bagheri.

“Kami tidak bermaksud melakukan serangan apa pun. Latihan ini semata-mata bagian dari upaya kami untuk mempertahankan diri dengan segala kekuatan Iran terhadap penyerang mana pun,” ungkapnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2