China Desak Forum Baru Dukung Kesepakatan Nuklir Iran, Peringatan Keras bagi AS

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 11 Oktober 2020 - 13:15:00 WIB
China Desak Forum Baru Dukung Kesepakatan Nuklir Iran, Peringatan Keras bagi AS
Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. (foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - China kembali menegaskan dukungan mereka pada program nuklir Iran. Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Wang Yi, juga menyerukan forum baru untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah.

Menlu Wang dan perwakilan Iran, Jad Zarif, mengadakan pertemuan di kota Tengchong, barat daya China, Sabtu (10/10/2020). Dalam kesempatan itu, Beijing kembali menyampaikan komitmennya terhadap kesepakatan nuklir Iran 2015 dengan kekuatan dunia.

Pertemuan itu merupakan 'peringatan' nyata dari China sebagai konsekuensi langkah Washington meninggalkan kesepakatan nuklir dengan Iran.

Iran terkunci dalam hubungan sengit dengan Arab Saudi serta kekuatan Timur Tengah lainnya. Saudi secara terbuka mengutarakan dukungannya pada AS memberlakukan sanksi bagi Teheran.

"China mengusulkan untuk membangun platform dialog multilateral regional dnegan partisipasi yang sama dari semua pemangku kepentingan," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China dikutip dari AFP.

"Forum bersama akan meningkatkan saling pengertian melalui dialog dan mengeksplorasi solusi politik dan diplomatik untuk masalah keamanan di Timur Tengah," lanjut pernyataan.

Menlu Wang mengatakan bahwa dukungan untuk kesepakatan nuklir--yang dinegosiasikan oleh pemerintah Barack Obama tetapi akhirnya ditinggalkan oleh Donald Trump--akan menjadi syarat masuk ke forum bersama.

Sementara itu, Zarif mengatakan kerja sama dengan China bukan cuma sebatas menjaga kesepakatan nuklir.

"Pembicaraan yang bermanfaat dengan Wang sama dengan penolakan terhadap unilateralisme AS dan juga berfokus pada hubungan strategis dan kolaborasi dalam pengembangan vaksin virus corona," kicau Zarif di akun Twitter-nya.

Editor : Arif Budiwinarto