China Klaim Usir Kapal Perang Amerika di Laut China Selatan

Anton Suhartono · Senin, 12 Juli 2021 - 14:41:00 WIB
China Klaim Usir Kapal Perang Amerika di Laut China Selatan
Kapal perang USS Benfold (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - China mengklaim telah mengusir kapal perang Amerika Serikat (AS) yang memasuki perairannya di dekat Kepulauan Paracel, Laut China Selatan, secara ilegal, Senin (12/7/2021).

Komando Armada Selatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) menyatakan, kapal perusak USS Benfold memasuki perairan China tanpa izin. Tindakan itu dianggap sebagai pelanggaran serius atas kedaulatan serta mengganggu stabilitas di Laut China Selatan.

"Kami mendesak Amerika Serikat untuk segera menghentikan tindakan provokatif seperti ini," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters.

Namun keputusan China itu bertentangan dengan putusan Pengadilan Tetap Arbitrase di Den Haag, Belanda, pada 12 Juli 2016 bahwa China tidak memiliki hak atas Laut China Selatan. China mengabaikan putusan itu.

Sementara itu Angkatan Laut (AL) AS menyatakan, pelayaran USS Benfold sudah sesuai hukum internasional, kapal memiliki hak kebebasan dan navigasi di sekitar Kepulauan Paracel. 

"Di bawah hukum internasional, sebagaimana tercermin dalam Konvensi Hukum Laut, kapal-kapal semua negara, termasuk kapal perang, memiliki hak melintas secara damai di wilayah laut (negara lain). Dengan terlibat dalam lintas damai tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya atau meminta izin dari salah satu pihak yang mengklaim, Amerika Serikat menentang pembatasan yang diberlakukan oleh China, Taiwan dan Vietnam," kata AL AS.

Ratusan pulau, terumbu karang, dan atol di Laut China Selatan menjadi obyek sengketa China, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, dan Vietnam. China mengklaim hak atas sumber daya dengan berpegangan pada sembilan garis putus-putus yang mencakup sebagian besar wilayah perairan tersebut.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: