China Segera Terapkan UU Keamanan di Hong Kong setelah Disetujui Parlemen

Anton Suhartono ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 05:35 WIB
China Segera Terapkan UU Keamanan di Hong Kong setelah Disetujui Parlemen

China segera menerpkan UU keamanan di Hong Kong setelah mendapat persetujuan dari parlemen (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Parlemen China, Kamis (28/5/2020), menyetujui rencana untuk memberlakukan undang-undang (UU) keamanan di Hong Kong.

China menjadikan pembahasan UU keamanan sebagai agenda prioritas dalam sudang tahunan Kongres Rakyat Nasional (NPC). Ini dipicu demonstrasi besar-besaran massa prodemokrasi yang berlangsung sejak tahun lalu.

UU itu akan menghukum siapa saja yang berupaya mendorong pemisahan diri Hong Kong, pelaku subversi, terorisme, dan tindakan-tindakan yang membahayakan keamanan nasional, serta memungkinkan agen-agen keamanan China beroperasi secara terbuka di Hong Kong.

Delegasi parlemen mendukung penerapan UU keamanan dengan suara hampir bulat.

Ketua Komite Tetap NPC Li Zhanshu mengatakan langkah itu sejalan dengan kepentingan mendasar semua warga China, termasuk penduduk Hong Kong.

Hasil sidang Kongres Rakyat Nasional (NPC) ini mendorong AS dan Inggris untuk meminta Dewan Keamanan (DK) PBB untuk menggela pertemuan darurat tidak resmi pada Jumat (29/5/2020) membahas masalah tersebut.

Keputusan NPC itu juga diambil beberapa jam setelah AS mencabut status khusus yang diberikan di Hong Kong, membuka jalan bagi wilayah tersebut untuk dicabut hak perdagangan dan ekonominya.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan status itu telah ditarik karena China tidak lagi menghormati perjanjian penyerahan Hong Kong dari Inggris.

"Tidak ada orang yang bisa beralasan bahwa Hong Kong mempertahankan otonomi tingkat tinggi dari China," kata Pompeo.

Sementara itu pemimpin Hong Kong, Carrie Lam menyambut baik keputusan NPC.

Seperti yang disyaratkan dalam UU, Lam akan menyerahkan laporan rutin ke Beijing dan meningkatkan penegakan hukum dan pendidikan publik untuk menjaga keamanan nasional.

Editor : Anton Suhartono