China Siapkan Sanksi Balasan untuk AS terkait UU Keamanan Hong Kong

Anton Suhartono ยท Rabu, 15 Juli 2020 - 13:57 WIB
China Siapkan Sanksi Balasan untuk AS terkait UU Keamanan Hong Kong

China menyiapkan sanksi balasan terhadap AS terkait masalah Hong Kong (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Ketegangan antara China dan Amerika Serikat semakin meningkat. Kedua negara saling menjatuhkan sanksi terkait Hong Kong.

Presiden AS Donald Trump meneken undang-undang (UU) untuk menjatuhkan sanksi terhadap bank yang berbisnis dengan para pejabat China yang terlibat dalam pembuatan dan penerapan UU keamanan di Hong Kong.

Bukan hanya itu, Trump juga mengeluarkan perintah eksekutif yang mengakhiri status istimewa Hong Kong dalam hukum AS. Langkah itu diambil sebagai hukuman terhadap China karena melakukan penindasan di Hong Kong.

“Hari ini saya menandatangani pengesahan dan perintah eksekutif untuk meminta China bertanggung jawab atas aksi agresif terhadap warga Hong Kong,” kata Trump.

Dengan pengesahan UU dan perintah eksekutif, Trump menyebut bahwa Hong Kong tidak lagi mendapat perlakuan ekonomi khusus seperti berlangsung selama ini.

“Kini Hong Kong akan diperlakukan sama seperti China daratan, tidak ada pengkhususan, tidak ada perlakuan ekonomi khusus, dan tidak ada ekspor untuk teknologi sensitif,” ujar Trump.

Sebagai balasan, China akan mengenakan sanksi terhadap individu dan entitas AS.

Kementerian Luar Negeri China, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/7/2020), menyatakan, pemerintahannya sangat menentang tindakan terbaru AS dan mendesak negara itu untuk berhenti mencampuri urusan dalam negeri China.

Belum ada penjelasan secara detail mengenai jenis sanksi yang akan diterapkan.

Editor : Anton Suhartono