China Terapkan UU Keamanan, Taiwan Siap Tampung Warga Hong Kong

Anton Suhartono ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 09:12 WIB
China Terapkan UU Keamanan, Taiwan Siap Tampung Warga Hong Kong

Warga Hong Kong di Taiwan menyerukan kebebasan (Foto: AFP)

TAIPEI, iNews.id - Taiwan siap membantu warga Hong Kong terkait penerapan UU keamanan nasional oleh China di wilayah semiotonomi itu.

Pemerintah meluncurkan program kemanusiaan yang siap menampung warga Hong Kong yang memutuskan untuk mengungsi ke Taiwan. Program akan fokus pada penyediaan tempat tinggal legal, akomodasi, dan perawatan fisik dan mental bagi warga Hong Kong.

Kepala urusan kabinet Chen Ming Tong mengatakan, Presiden Taiwan Tsai Ing Wen mengumumkan akan menawarkan rencana aksi penyelamatan bagi Hong Kong.

"Pemerintah tidak akan menyerah terhadap kondisi di Hong Kong. Dalam menghadapi perubahan di masa depan, akan ada upaya penyelamatan berkesinambungan dan menyeluruh di mana warga Hong Kong akan diberikan bantuan,” kata Chen, dikutip dari The Straits Times, Jumat (29/5/2020).

Sebelumnya Presiden Tsai menegaskan, jika UU keamanan diterapkan, pemerintahannya mempertimbangkan untuk mengajukan Pasal 60 Undang-Undang dan Regulasi Mengenai Urusan Hong Kong dan Makau untuk memastikan keamanan dan kepentingan nasional Taiwan di Hong Kong tetap terlindungi. Taiwan punya hubungan sangat dekat dengan wilayah bekas koloni Inggris itu.

Jumlah warga Hong Kong yang diberikan tempat tinggal di Taiwan melonjak 40 persen pada 2019 dibandingkan tahun sebelumnya. Sebanyak 5.858 orang mendapatkan hak tinggal, naik dari 4.148 pada 2018.

Seperti diketahui, parlemen China menyetujui penerapan UU keamanan nasional di Hong Kong, memungkinkan pihak berwenang Negeri Komunis untuk langsung menangani tindakan-tindakan yang dianggap bertujuan untuk menjatuhkan negara.

Editor : Anton Suhartono