China Tuduh AS Sengaja Perpanjang Perang di Ukraina, Ini Tujuannya

Anton Suhartono ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 14:30:00 WIB
China Tuduh AS Sengaja Perpanjang Perang di Ukraina, Ini Tujuannya
Zhang Hanhui (Foto: Weibo)

BEIJING, iNews.id - China menuduh Amerika Serikat (AS) sengaja membuat perang di Ukraina selama mungkin dengan tujuan melemahkan Rusia. Pernyataan itu disampaikan Duta Besar China untuk Rusia, Zhang Hanhui, dalam wawancara dengan kator berita TASS yang dipublikasikan Rabu kemarin.

Menurut Hanhui, seperti dilaporkan kembali RT, Kamis (11/8/2022), AS memprakarsai lima putaran ekspansi NATO ke timur, mengarahkan 'revolusi warna' di Ukraina, serta memojokkan Rusia dari sisi keamanan. Semua faktor tersebut, lanjut dia, menyebabkan konflik saat ini terjadi di Ukraina.

Oleh karena itu, Hanhui menyebut AS sebagai pemrakarsa dan pihak yang menciptakan krisis Ukraina.

Dia melanjutkan, upaya AS untuk memperpanjang konflik di Ukraina bisa dilihat dari menerapkan sanksi ke Rusia yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kondisi diperparah karena AS terus memasok persenjataan ke Ukraina.  Strategi ini pada akhirnya bertujuan untuk menghancurkan dan membuat Rusia lelah.

Lebih lanjut Hanhui melihat kesamaan konflik di Ukraina dan ketegangan terbaru di sekitar Taiwan. Dia menuduh AS menggunakan alat yang sebelumnya juga dipakai di negara-negara Eropa Timur.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda