Cucu Pendiri Singapura sekaligus Keponakan PM Lee Hsien Loong Divonis Bersalah Hina Pengadilan

Anton Suhartono ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 14:13 WIB
Cucu Pendiri Singapura sekaligus Keponakan PM Lee Hsien Loong Divonis Bersalah Hina Pengadilan

Li Shengwu (Foto: The Straits Times)

SINGAPURA, iNews.id - Cucu pendiri Singapura Lee Kuan Yew yang juga keponakan Perdana Menteri Lee Hsien Loong, Li Shengwu, divonis bersalah, Rabu (29/7/2020), melalui sidang in absentia atas tuduhan menghina peradilan.

Li mengkritik peradilan melalui posting-an di Facebook pada 2017 terkait penanganan kasus perseteruan di internal keluarga.

Hakim Kannan Ramesh dalam putusannya di Pengadilan Tinggi Singapura mengatakan, Li dihukum denda 15.000 dolar Singapura (sekitar Rp157 juta) atau kurungan 1 pekan jika tak membayar, karena menyebut sistem pengadilan Singapura lentur.

Kejaksaan Agung menggambarkan posting-an Li itu sebagai serangan mengerikan dan tidak berdasar terhadap peradilan Singapura.

Selain menghina peradilan, akademisi lulusan Universitas Harvard yang saat ini tinggal di Amerika Serikat itu juga menyinggung pemerintah.

Li merupakan putra tertua Lee Hsien Yang, kakak PM Lee Hsien Loong. Keduanya berselisih memperebutkan warisan ayah mereka. Hsien Yang bulan lalu membuat keputusan mengejutkan yakni bergabung dengan oposisi untuk melawan partai adiknya, Partai Aksi Rakyat (PAP).

Sementara itu Li menentang vonis terhadapnya.

"Saya tidak setuju dengan putusan itu," kata Li, dalam posting-an di Facebook.

Dia mengaku khawatir vonis tersebut akan memperkuat kecenderungan PAP untuk menekan kebebasan orang dalam bersuara.

PAP kembali memenangkan pemilu awal bulan ini, meskipun perolehan suaranya menurun tajam. Kubu oposisi mendapatkan lebih banyak kursi di parlemen.

Editor : Anton Suhartono