Partai Aksi Rakyat (PAP) Menangkan Pemilu Singapura meski Perolehan Suara Merosot

Arif Budiwinarto ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:19 WIB
Partai Aksi Rakyat (PAP) Menangkan Pemilu Singapura meski Perolehan Suara Merosot

Pendukung Partai Aksi Rakyat (PAP) merayakan kemenangan partai dalam Pemilu Singapura 2020 (foto: Xinhua)

SINGAPORE CITY, iNews.id - Partai berkuasa di Singapura, Partai Aksi Rakyat (PAP), melanjutkan dominasi dalam pemerintahan setelah meraih suara mayoritas dalam pemilihan umum (pemilu). Namun demikian, suara yang diperoleh PAP merosot dari perolehan pemilu sebelumnya.

Singapura menggelar pemilu di tengah pandemi Covid-19 sejak Jumat (10/11/2020) kemarin. Para pemilih diminta menggunakan masker dan sarung tangan serta jaga jarak saat memberikan suara.

Dilansir dari Xinhua, Sabtu (11/7/2020), PAP memenangkan 83 dari 93 kursi parlemen atau 61,24 persen suara. Prosentase tersebut lebih rendah bila dibandingkan dengan perolehan suara pada pemilu 2015 yaknin 69,86 persen.

Partai Buruh (WP) yang mendapat enam kursi pada pemilu 2015, tahun ini meraih 10 kursi di parlemen.

Sebanyak 191 kandidat dari 11 partai politik dan satu kandidat independen bersaing memperebutkan 93 kursi parlemen Singapura yang terbagi dalam 14 Konstituen Anggota Tunggal (SMC) dan 17 Konstituante Representasi Kelompok (GRC).

PAP memenangkan 83 kursi dari 13 SMC dan 15 GRC, sementara Partai Buruh meraih 10 kursi dari SMC Hougang SMC, GRC Aljunied, dan GRC Sengkang.

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, dari Partai Aksi Rakyat (PAP) meraih suara mayoritas dengan 71,91 pesrsen di GRC Ang Mo Kio. Ini sudah cukup bagi Lee untuk kembali terpilih sebagai Perdana Menteri Singapura untuk periode jabatan 2020-2025.

Lee mengatakan dalam jumpa pers, persentase suara populer yang dimenangkan PAP dalam pemilu tahun ini tidak setinggi yang diharapkan. Namun demikian, hasilnya mencerminkan dukungan luas bagi partai penguasa.

Politisi 68 tahun memastikan di pemerintahan selanjutnya akan fokus dalam penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi yang sangat terpukul karena pandemi.

"Saya akan menggunakan mandat ini secara bertanggung jawab untuk menangani Covid-19 dan penurunan ekonomi dan membawa kami melewati krisis ini dengan aman," kata Lee.

Editor : Arif Budiwinarto