Deretan Pernyataan Kontroversial Mahathir Mohamad, Singgung Macron dan Holocaust

Rahmi Rizal ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 18:32:00 WIB
Deretan Pernyataan Kontroversial Mahathir Mohamad, Singgung Macron dan Holocaust
Mahathir Mohamad (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Sosok Mahathir Mohamad kembali menjadi sorotan beberapa hari terakhir terkait pernyataannya soal Kepulauan Riau dan Singapura yang seharusnya diklaim Malaysia. Namun itu bukan kali pertama pria yang menjabat perdana menteri Malaysia terlama itu melontarkan pernyataan kontroversial.

Pernyataan lain yang memicu polemik di antaranya terkait penghinaan terhadap Islam dan Nabi Muhammad SAW yang marak di Prancis serta lainnya.

Berikut beberapa pernyataan Mahathir Mohamad yang memicu kontroversial:

Juni 2022

Mahathir Mohamad menyampaikan pernyataan yang menyentak masyarakat Indonesia. Saat menghadiri kongres 'Aku Melayu: Survival Bermula' di Selangor, pada Minggu (19/6/2022), Mahathir mengatakan, adalah hal yang lebih berharga bagi pemerintah Malaysia dalam memenangkan kendali atas Pulau Sipadan dan Ligitan di Kalimantan melawan Indonesia di Mahkamah Internasional (ICJ), seraya memberikan Pulau Batu Puteh, yang dianalogikannya sebagai batu seukuran meja, ke Singapura.

“Seharusnya kita tidak hanya menuntut agar Pedra Branca atau Pulau Batu Puteh dikembalikan kepada kita, kita juga harus menuntut Singapura dan Kepulauan Riau, karena mereka adalah Tanah Melayu,” ujar Mahathir, saat itu. 

Ucapan Mahathir ini kemudian disambut riuh tepuk tangan dari peserta yang hadir di acara tersebut.

Beberapa waktu kemudian, Mahathir memberikan klarifikasi. Menurut dia, apa yang disampaikan bukanlah meminta Malaysia untuk mengklaim kembali tanah atau bagian yang hilang dari Malaysia. Dia menegaskan, lepasnya Batu Puteh bukan perkara yang besar. Selain itu, Malaysia juga seharusnya bersyukur atas masuknya Pulau Sipadan dan Ligitan sebagai bagian dari Malaysia, terlebih Indonesia tidak mempermasalahkan keputusan internasional yang dihasilkan kala itu.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda