Divonis 3 Tahun Penjara karena Korupsi, Eks Presiden Prancis Nicolas Sarkozy Siap Banding

Djairan ยท Rabu, 03 Maret 2021 - 14:00:00 WIB
Divonis 3 Tahun Penjara karena Korupsi, Eks Presiden Prancis Nicolas Sarkozy Siap Banding
Mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy. (Foto: Reuters)

PARIS, iNews.id – Mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, siap menempuh jalur hukum hingga ke Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) Eropa untuk membuktikan dirinya tidak bersalah atas dakwaan korupsi. Sarkozy dijatuhi hukuman tiga tahun penjara atas tuduhan korupsi pada Senin (1/3/2021) lalu.

Pengadilan menyatakan, pria berusia 66 tahun itu mencoba menyuap seorang hakim, dan menggunakan pengaruhnya untuk memberikan iming-iming informasi orang dalam terkait penyelidikan keuangan tim kampanyenya pada 2007. Sarkozy akan mengajukan banding atas putusan tersebut.

Sarkozy mengatakan, dirinya adalah korban dari ketidakadilan dan menyebut keputusan itu dipenuhi dengan inkonsistensi. Dia juga mengklaim, ada indikasi berpihakan politik dari beberapa hakim dalam penanganan perkaranya.

“Saya mengajukan banding atas keputusan tersebut, saya bisa saja melanjutkan perjuangan ini hingga ke Pengadilan HAM Eropa,” kata Sarkozy kepada surat kabar Le Figaro, dikutip kembali Reuters, Rabu (3/3/2021).

Meski dijatuhi hukuman tiga tahun penjara, namun, hakim ketua mengatakan dua tahun dari hukumannya dapat ditangguhkan, dan Sarkozy tidak perlu menjalani masa tahanan di penjara jika bersedia dipasangkan gelang elektronik di rumah.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda