Donald Trump Salah Sebut Emmanuel Macron sebagai Perdana Menteri Prancis

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 09:35 WIB
Donald Trump Salah Sebut Emmanuel Macron sebagai Perdana Menteri Prancis

Presiden AS Donald Trump (kanan) bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden AS Donald Trump salah menyebut Emmanuel Macron sebagai perdana menteri Prancis. Namun tidak diketahui, apakah kesalahan itu memang sengaja dibuat Trump.

Trump kerap mengolok-olok “selip lidah” yang dilakukan oleh pesaingnya di Pilpres AS 2020, Joe Biden. Akan tetapi, pada Sabtu (17/10/2020), politikus Partai Republik itu membuat kesalahan saat menyinggung nama Macron dan secara efektif menurunkan posisi presiden Prancis itu ke jabatan yang lebih rendah.

Salah ucap Trump itu terjadi ketika dia berpidato dalam kampanye Pilpres AS di Negara Bagian Michigan. Dalam kesempatan tersebut, Trump membahas tentang perjanjian perdagangan NAFTA lama dengan Kanada dan Meksiko—yang dia sebut sebagai kesepakatan buruk bagi Amerika—dan berkeras untuk melakukan negosiasi ulang.

Ketika Trump mengalihkan topiknya ke Macron dan tentang Perjanjian Perubahan Iklim Paris, dia mengklaim perjanjian itu hanya merugikan AS. Karena itulah, dia memutuskan untuk menarik Amerika Serikat keluar dari perjanjian global yang penting itu pada 2017.

“Dan Anda tahu apa lagi yang saya hentikan? Kesepakatan lingkungan Paris,” kata Trump seperti dikutip AFP, Minggu (18/10/2020).

“Dan saya sangat menyukai Perdana Menteri Macron. Tapi saya berkata ‘bagaimana kabar (pelaksanaan perjanjian itu) di sana (Prancis)? Bagaimana kesepakatannya?’ Mereka (Prancis) tidak mengerjakannya terlalu baik,” kata Trump.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua