Dubes Italia untuk Kongo Tewas Setelah Konvoi Kendaraan PBB Diserang Kelompok Bersenjata

Anton Suhartono ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 10:19:00 WIB
Dubes Italia untuk Kongo Tewas Setelah Konvoi Kendaraan PBB Diserang Kelompok Bersenjata
Dubes Italia untuk Kongo Luca Attanasio akibat serangan kelompok bersenjata terhadap konvoi kendaraan PBB (Foto: AP)

KINSHASA, iNews.id - Duta Besar (Dubes) Italia untuk Kongo Luca Attanasio tewas setelah konvoi kendaraan PBB diserang kelompok bersenjata, Senin (22/3/2021). Attanasio bertugas di Kongo sejak 2017.

Dia merupakan satu dari tiga korban tewas dalam serangan tersebut. Dua orang lainnya adalah pejabat kepolisian Italia, Vittorio Iacovacci, serta sopir berkerwarganegaraan Kongo, Moustapha Milambo.

Kemnterian Luar Negeri Italia menyatakan, konvoi kendaraan PBB itu hendak menuju sebuah sekolah di timur Kongo saat serangan berlangsung. Anggota rombongan lain mengalami luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Kementerian Dalam Negeri Kongo menyatakan, empat orang lainnya diculik kelompok bersenjata, namun satu orang diselamatkan tentara.

Serangan terjadi saat konvoi melakukan perjalanan dari Goma, ibu kota wilayah timur Kongo, untuk mengunjungi proyek sekolah Program Pangan Dunia (WFP) di Rutshuru.

WFP menyatakan rute perjalanan sebelumnya sudah disterilkan sehingga rombongan tak dikawal pasukan keamanan.

Gubernur Kivu Utara Carly Nzanzu Kasivita mengatakan, kendaraan PBB diserang dan diarahkan ke hutan. Tentara Kongo dan penjaga Taman Nasional Virunga langsung datang untuk membantu sehingga terjadi baku tembak.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2