Duh Dokter Ini Salah Amputasi Kaki Pasien, Didenda Rp44 Juta

Anton Suhartono ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 11:06:00 WIB
Duh Dokter Ini Salah Amputasi Kaki Pasien, Didenda Rp44 Juta
Seorang dokter di Australia didenda Rp44 juta karena salah mengamputasi kaki pasien (Foto: Reuters)

SYDNEY, iNews.id - Seorang perempuan dokter bedah di Australia didenda sekitar Rp44 juta karena salah mengamputasi kaki pasien. Korban, pria 82 tahun, terpaksa harus merelakan kaki kanannya yang sehat hilang, sementara kaki kiri yang sakit, dibiarkan.

Pengadilan di Linz mengungkap, dokter berusia 43 tahun yang tidak disebutkan identitasnya itu menandai kaki pasien yang salah. Peristiwa tersebut terjadi di Rumah Sakit Freistadt pada Mei 2021.

Kasus ini terungkap pertama kali setelah perawat melakukan pemeriksaan rutin lalo melapor ke manajemen rumah sakit. Pejabat Rumah Sakit Freistadt mengatakan, peristiwa tersebut benar-benar sangat disayangkan. Sementara itu sang dokter telah dipindah ke klinik lain.

Dalam persidangan, Rabu (1/12/2021), sang dokter menegaskan tidak tahu bagaimana hal itu bisa terjadi. Namun dia berdalih masalah ini bukan saja faktor kesalahan manusia melainkan masalah sistematis.

"Kesalahan dalam perencanaan bedah sudah terjadi karena tidak ada informasi halaman yang diberikan dalam file pasien, itulah sebabnya peninjauan tidak mungkin dilakukan," ujarnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: