Dukung Pelaksanaan Haji di Tengah Wabah Corona, Bos WHO: Bukan Keputusan Mudah

Anton Suhartono ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 07:44 WIB
Dukung Pelaksanaan Haji di Tengah Wabah Corona, Bos WHO: Bukan Keputusan Mudah

Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id - Keputusan Arab Saudi untuk tetap menggelar ibadah haji dengan jumlah jemaah sangat terbatas di tengah pandemi virus corona disambut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bos WHO Tedros Adhanom Ghbreyesus mendukung pelaksanaan rukun Islam ke-5 itu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Keputusan itu dibuat berdasarkan penilaian risiko dan analisis skenario sesuai dengan pedoman WHO demi melindungi kesehatan para jemaah serta meminimalisasi risiko penularan Covid-19.

“WHO mendukung keputusan ini. Kami memahami bahwa ini bukan keputusan yang mudah. Kami juga mengerti ada kekecewaan besar di banyak kalangan muslim yang menantikan ibadah haji tahun ini,” kata Tedros, dikutip dari Saudi Gazette, Kamis (25/6/2020).

Menurut Tedros, mengutamakan kesehatan langkah yang harus dilakukan semua negara selama pandemi virus corona.

“Ini merupakan contoh lain dari pilihan sulit yang harus dilakukan semua negara demi mengutamakan kesehatan," ujarnya.

Seperti diberitakan, Arab Saudi akan menerapkan kebijakan ketat terkait pelaksanaan haji, yakni membatasi jemaah sekitar 1.000 dan tak boleh berusia di atas 65 tahun, termasuk mereka yang memiliki penyakit kronis.

Selain itu, Saudi tak menerima jemaah yang datang langsung dari luar negeri, melainkan mereka yang sudah bermukim, termasuk warga asing. Semua jemaah akan dikarantina sebelum dan sesudah pelaksanaan haji.

Otoritas menyiagakan beberapa rumah sakit terpadu di Makkah, selain pusat kesehatan di Arafah, untuk menangani jemaah.

Editor : Anton Suhartono