Gabung Oposisi, Adik PM Singapura Tak Akan Lawan Kakaknya dalam Pemilu

Anton Suhartono ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 13:42 WIB
Gabung Oposisi, Adik PM Singapura Tak Akan Lawan Kakaknya dalam Pemilu

Lee Hsien Yang (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Lee Hsien Yang, adik Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dipastikan tak akan bersaing dengan kakaknya dalam pemilihan umum pada 10 Juli mendatang.

Hsien Yang mengatakan batas waktu baginya sudah habis untuk mencalonkan diri dari partai oposisi Progress Singapore Party (PSP).

Setiap calon harus mendaftar dalam pemilihan dan hingga Selasa (30/6/2020) nama Hsien Yang tidak termasuk dalam kandidat.

Dalam pesan singkat kepada Reuters, Hsien Yang mengatakan dia memang tidak mendaftar.

Keputusan Hsien Yang cukup mengejutkan. Sebelumnya dia mengkritik partai penguasa yang menjadi tempat bernaung kakaknya, Partai Aksi Rakyat (PAP) telah kehilangan arah.

Selain itu dia juga mengkritik PAP sebagai kelompok dengan pemikiran yang sempit, terutama terkait pelayanannya kepada kaum elite di masyarakat.

Hsien Yang terlibat konflik pribadi dengan Lee terkait kepemilikan rumah ayah mereka, Lee Kwan Yew. Sebelum konflik, Hsien Yang yang juga pengusaha berkali-kali mengatakan tidak tertarik dengan politik.

Peluang PAP untuk memenangkan pemilu dan mengantarkan Lee ke posisi perdana menteri kembali cukup besar.

PAP merupakan partai penguasa yang sudah memegang kendali pemerintahan tanpa terputus sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1965. Saat ini PAP menguasai 83 dari 89 kursi parlemen.

Sementara itu Lee menegaskan adiknya punya hak untuk berpolitik. Dia menilai pemilu kali ini bukan soal konflik keluarga, tapi demi masa depan Singapura yang kini menghadapi tantangan hebat di tengah pandemi virus corona.

Editor : Anton Suhartono