Adik Gabung Partai Oposisi, PM Singapura: Pemilu Bukan soal Konflik Keluarga

Anton Suhartono ยท Senin, 29 Juni 2020 - 15:54 WIB
Adik Gabung Partai Oposisi, PM Singapura: Pemilu Bukan soal Konflik Keluarga

Lee Hsien Loong (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengomentari keputusan adiknya, Lee Hsien Yang, yang bergabung ke kubu opisisi melawan dirinya dalam pemilihan umum (pemilu) pada Juli mendatang.

Lee menegaskan, pemilu yang digelar pada 10 Juli tersebut bukan soal konflik keluarga. Hsien Yang pekan lalu memutuskan bergabung ke partai oposisi yang baru didirikan Progress Singapore Party (PSP).

“Dia punya hak sebagai warga negara. Pemilu ini bukan tentang saya atau konflik keluarga yang mungkin melibatkan saya dan adik,” kata Lee, dikutip dari Reuters, Senin (29/6/2020).

"Ini tentang masa depan Singapura di saat yang sangat menyedihkan dalam sejarah, ketika kita menghadapi krisis paling serius sejak kemerdekaan," tuturnya, menambahkan.

Lee mengingatkan, hal paling penting dan menjadi fokus adalah kesehatan, pekerjaan, dan masa depan negara dalam situasi pandemi virus corona ini.

Seperti diberitakan, Hsien Yang (62) memutuskan bergabung dengan PSP. Meski demikian dia belum memutuskan apakah akan menjadi kandidat perdana menteri dari partai tersebut atau tidak.

Partai yang bisa menguasai 82 dari total 88 kursi parlemen merupakan pememang dan calonnya bisa menjadi perdana menteri.

Dua bersaudara yang merupakan putra dari pendiri Singapura Lee Kuan Yew itu sudah terlibat perselisihan terkait kepemilikan rumah mendiang ayah mereka.

Hsien Yang pernah mengkritik partai yang dipimpin adiknya, Partai Aksi Rakyat, yang sudah menjadi penguasa pemerintah sejak 1959.

Editor : Anton Suhartono