Mantan PM Singapura Goh Chok Tong Pensiun dari Dunia Politik di Usia 79 Tahun

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 18:34 WIB
Mantan PM Singapura Goh Chok Tong Pensiun dari Dunia Politik di Usia 79 Tahun

Mantan Perdana Menteri Singapura, Goh Chok Tong, pensiun dari ranah politik (foto: CNA)

SINGAPORE CITY, iNews.id - Mantan Perdana Menteri Singapura, Goh Chok Tong, memutuskan pensiun dari panggung politik setelah lebih dari 40 tahun menjabat anggota parlemen.

Goh yang pernah menjabat Perdana Menteri dalam rentang 1990 sampai 2004 mengajukan surat resmi pengunduran diri kepada Perdana Menteri Singapura saat ini, Lee Hsien Loong, Rabu (24/6/2020) kemarin. Lee menerima pengunduran diri pria berusia 79 tahun itu.

Dalam surat balasan yang dikirim, Kamis (25/6/2020) waktu setempat, PM Lee mewakili seluruh rakyat Singapura berterima kasih kepada Goh atas dedikasi serta kontribusi membangun negeri.

Keputusan Goh mengundurkan diri sebagai langkah mendukung suksesi di Partai Aksi Rakyat (PAP) yang sudah menjadi rumah keduanya sejak 1994. Dia merekomendasikan Dr. Tan See Leng sebagai penggantinya di wilayah pemilihan Marina Parade.

Dr. Tan merupakan orang kepercayaan Goh lebih dari dua tahun terakhir, selain itu Dr. Tan juga diketahui sosok penting di balik keberhasilan sejumlah proyek sosial Goh di wilayah konstituennya.

"Suksesi sistematis menjadi kunci stabilitas politik Singapura," kata Goh dikutip dari Channel News Asia (CNA).

"Saya memilih pensiun dari Anggota Parlemen saat ini, sehingga saya bisa memudahkan transisi penerus saya ke wilayah Marine Parade," ujarnya.

Sementara itu, Dr. Tan mengaku sangat terhormat diserahi kepercayaan melanjutkan tugas dan tanggung jawab Goh di wilayah konstituen Marine Parade. Selama mendampingi Goh, Dr Tan mengaku mendapat banyak warisan berharga perihal kepemimpinan.

"Dia memiliki langkah yang besar dan saya akan melanjutkannya. Saya pikir saya bisa melanjutkan peran besar yang ditinggalkannya dengan cara terbaik saya," katanya.

Editor : Arif Budiwinarto