Giliran Keponakan Ratu Elizabeth II Dikabarkan Bercerai Setelah 28 Tahun Menikah

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 10:42 WIB
Giliran Keponakan Ratu Elizabeth II Dikabarkan Bercerai Setelah 28 Tahun Menikah

Ratu Inggris Elizabeth II (tengah) dan suaminya Pangeran Philip (kanan) berbicara dengan kpeonakan mereka, David Armstrong-Jones (kiri), Earl of Snowdon II. (FOTO: HANNAH MCKAY / POOL / AFP)

LONDON, iNews.id - Keponakan Ratu Elizabeth II, David Armstrong-Jones, dikabarkan bercerai. Ini menjadi perceraian kedua dalam keluarga kerajaan Inggris yang diumumkan dalam waktu sepekan.

Armstrong-Jones (58), putra almarhum adik Ratu Elizabeth, Margaret, dan istrinya yang berusia 49 tahun, Serena, menikah sejak 1993.

"Earl dan Countess of Snowdon sepakat secara damai bahwa pernikahan mereka telah berakhir dan bahwa mereka akan diceraikan," kata juru bicara pasangan, seperti dilaporkan AFP, Selasa (18/2/2020).

"Mereka meminta pers menghormati privasi mereka dan keluarga mereka."

Earl merupakan orang pertama dalam garis suksesi takhta yang bukan keturunan langsung Ratu Elizabeth.

Dia lahir di urutan kelima pewaris takhta, namun kini berada di urutan 21 dalam urutan suksesi.

Dikenal secara profesional sebagai David Linley, Earl of Snowdon adalah pengrajin furnitur dan merupakan ketua rumah lelang Christie.

Pasangan itu memiliki dua anak: Charles (20) dan Margarita yang berusia 17 tahun.

Berita percetaian itu muncul setelah cucu tertua Ratu Elizabeth, Peter Phillips, dan istrinya Autumn mengumumkan pada Selasa pekan lalu bahwa mereka memutuskan berpisah dan akan bercerai.

Phillips (42) dan istrinya asal Kanada, Autumn, akan berbagi hak asuh atas kedua putri mereka dan keduanya akan tetap berada di Gloucestershire, barat daya Inggris.

Phillips merupakan putra dari putri Ratu Elizabeth II, Putri Anne, dan suami pertamanya Mark Phillips. Phillips adalah yang tertua dari delapan cucu Ratu Elizabrth.

Dia tidak memiliki gelar kerajaan dan tidak pernah melakukan tugas atas nama keluarga kerajaan sehingga tidak menerima pendapatan publik.

Dia lahir di urutan kelima dan kini berada di urutan ke-15 pewaris takhta.

Perceraian ini menambah daftar masalah yang tengan menerpa keluarga kerajaan.

Masalah muncul setelah cucu Ratu Elizabeth II, Pangeran Harry dan istrinya, Meghan, mundur dari tugas kerajaan bulan lalu dan pindah ke Kanada.

Sementara itu putra kedua sang ratu, Pangeran Andrew, mundur dari semua tugas kerajaan pada November menyusul protes publik atas persahabatannya dengan penjahat seks AS, Jeffrey Epstein.

Editor : Nathania Riris Michico