Hak-Hak Pangeran Harry-Meghan yang Dilucuti Ratu Elizabeth II Pascakeluar dari Kerajaan Inggris

Nathania Riris Michico ยท Senin, 20 Januari 2020 - 12:15 WIB
Hak-Hak Pangeran Harry-Meghan yang Dilucuti Ratu Elizabeth II Pascakeluar dari Kerajaan Inggris

Pangeran Harry dan Meghan. (FOTO: AFP)

LONDON, iNews.id - Pangeran Harry dan istrinya, Meghan, memutuskan mundur dari anggota 'senior' keluarga Kerajaan Inggris. Mereka tak akan lagi menyandang gelar terhormat dan menjadi masyarakat biasa, sebagai bagian dari konsekuensi atas keputusan itu.

Harry dan Meghan mengatakan ingin mandiri secara finansial tanpa menyandang gelar kerajaan atau menikmati uang dari pembayar pajak warga Inggris.

Pada Sabtu (18/1/2020), Istana Buckingham mengumumkan pasangan bergelar Duke dan Duchess of Sussex itu akan resmi mundur sebagai anggota senior kerajaan pada 8 Maret 2020.

Berikut hal-hal lain yang dilucuti dari Harry-Meghan setelah memtuskan keluar dari anggota Kerajaan Inggris, seperti dirangkum iNews.id, Senin (20/1/2020).

1. Kehilangan gelar prestisius

Pangeran Harry dan Meghan hanya akan menyendang gelar Duke dan Duchess of Sussex yang artinya 'Adipati'. Sedangkan, gelar kebesaran kerajaan, Her/His Royal Highness atau HRH (Yang Mulia) mereka dicabut, sesuai keputusan sang nenek, Ratu Elizabeth II itu.

Pencabutan gelar tertinggi itu karena mereka tidak lagi bekerja mewakili Kerajaan Inggris maupun Ratu Elizabeth II.

Hal serupa menimpa mendiang ibunda sang pangeran, Putri Diana, setelah bercerai dengan Pangeran Charles pada 1996.

Sebelum dicopot, Harry memiliki gelar lengkap 'His Royal Highness The Duke of Sussex, Earl of Dumbarton and Baron Kilkeel'; sedangkan Meghan 'Her Royal Highness The Duchess of Sussex'.

Setelah pencopotan gelar HRH, nama mereka kemudian ditata ulang menjadi Duke of Sussex (Harry) dan Duchess of Sussex (Meghan).


Editor : Nathania Riris Michico

Halaman : 1 2 3 4 5 Tampilkan Semua