Gubernur Washington Bakal Ampuni Kejahatan Kepemilikan Ganja

Nathania Riris Michico ยท Minggu, 06 Januari 2019 - 16:34 WIB
Gubernur Washington Bakal Ampuni Kejahatan Kepemilikan Ganja

Gubernur Washington Jay Inslee. (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Negara Bagian Washington, Amerika Serikat (AS), akan membuat sistem yang efisien untuk mengampuni orang yang dihukum karena pelanggaran kepemilikan ganja sebelum obat terlarang itu legal.

Hal itu berdasarkan prakarsa yang diluncurkan oleh Gubernur Jay Inslee, yang mempertimbangkan mencalonkan diri menjadi presiden AS.

Pemilih di Negara Bagian Washington dan Colorado pada 2012 menjadikan kedua negara bagian itu sebagai yang pertama yang melegalkan ganja untuk kesenangan di AS.

Sejak itu, delapan negara bagian lain mengikuti, sedangkan lebih dari 30 negara bagian membolehkan penggunaan ganja untuk medis. Undang-Undang federal saat ini masih melarang ganja.

Berdasar prakarsa gubernur yang disebut Marijuana Justice Initiative tersebut, siapa pun dengan satu hukuman pelanggaran mariyuana atau ganja di Negara Bagian Washington antara 1998 hingga 2012 bisa mengajukan pengampunan.

Menurut kantor Inslee, diperkirakan 3.500 orang memenuhi syarat.

Sebagian orang yang pernah dihukum kesulitan dalam melamar pekerjaan dan menyewa rumah.

Kesenjangan ras dalam tuntutan pelanggaran ganja merugikan kulit hitam AS dan minoritas lain. Organisasi hak-hak sipil mendesak politisi mengangkat masalah itu.

Editor : Nathania Riris Michico