Gunung Bawah Laut Tonga Meletus, Tsunami Masih Terjang Australia Hari Ini

Anton Suhartono · Senin, 17 Januari 2022 - 15:59:00 WIB
Gunung Bawah Laut Tonga Meletus, Tsunami Masih Terjang Australia Hari Ini
Tsunami dampak letusan Gunung Hunga Tonga–Hunga Ha'apai di Tonga masih terjadi di Australia hingga Senin (17/1) bahkan sampai beberapa hari ke depan (Foto: AP)

SYDNEY, iNews.id - Letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga–Hunga Ha'apai di Tonga sejak Jumat pekan lalu masih menimbulkan tsunami di pantai atau pelabuhan negara-negara Pasifik. Australia termasuk negara yang merasakan terjangan tsunami, bahkan hingga Senin (17/1/2022) sore waktu setempat.

Para pakar memprediksi, tsunami dampak letusan gunung bawah laut itu bisa bertahan hingga Selasa, bahkan pada hari-hari berikutnya jika letusan masih terus terjadi.

Alat pengukur tinggi muka air laut di ibu kota Tonga, Nuku'alofa, mencatat gelombang tsunami setinggi 1,2 meter menerjang kawasan pantai hingga masuk ke rumah-rumah.  Sementara tsunami yang menerjang pantai Australia tak setinggi itu, namun masih tergolong besar jika dibandingkan dengan beberapa kejadian sebelumnya seperti dampak gempa bumi di Cile pada 1960.

Letusan gunung berapi Tonga menghasilkan gelombang setinggi 82 sentimeter di Gold Coast, Australia. Di Pelabuhan Kembla pesisir selatan Negara Bagian New South Wales (NSW) gelombang tsunami mencapai 65 cm dan di Eden's Twofold Bay 77 cm.

Namun otoritas mengingatkan warga untuk tidak menganggap remeh tsunami meski ketinggiannya di bawah 1 meter. Warga Australia memang terbiasa bermain dengan gelombang tinggi di pantai, namun bukan disebabkan tsunami melainkan cuaca buruk.

Gelombang tsunami 50 cm memang terkesan kecil, namun berbeda dengan gelombang biasa yang hanya membutuhkan 5 sampai 15 detik untuk kembali lagi ke laut setelah menerjang pantai. Satu gelombang tsunami bisa memakan waktu puluhan menit hingga berjam-jam masuk daratan dengan kekuatan yang lumayan untuk menggeser benda berat.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: