Hak-Hak Pangeran Harry-Meghan yang Dilucuti Ratu Elizabeth II Pascakeluar dari Kerajaan Inggris

Nathania Riris Michico ยท Senin, 20 Januari 2020 - 12:15:00 WIB
Hak-Hak Pangeran Harry-Meghan yang Dilucuti Ratu Elizabeth II Pascakeluar dari Kerajaan Inggris
Pangeran Harry dan Meghan. (FOTO: AFP)

5. Kehilangan fasilitas kerajaan

Publik Inggris masih terus memperbincangkan Megxit, istilah yang merujuk pada mundurnya Pangeran Harry dan Meghan dari anggota senior kerajaan. Dalam pernyataan resminya saat mundur, Pangeran Harry menyebutkan bahwa kehidupan mereka bakal dibagi antara kegiatan di Britania Raya dan hidup di Amerika Utara.

Dampak dari keputusan mundur dari kerajaan dan hidup secara mandiri itu adalah mereka tak akan lagi menerima sejumlah fasilitas finansial kerajaan. Sedikitnya Rp 100 miliar per tahun bisa 'hilang' akibat keputusan tersebut.

Sejumlah fasilitas seperti pengawalan dan privasi akan dicabut seiring berlakunya keputusan Ratu Eliabeth mencopot gelar keduanya. Hal ini bisa berdampak pada keamanan serta tereksposnya kehidupan mereka sebagai rakyat biasa.

Namun, pakar-pakar kerajaan menilai bahwa Harry dan Meghan melakukan kesalahan fatal. Sebab, mereka tak akan pernah mendapatkan privasi meski pindah ke negara lain. Justru mereka bakal mendapatkan perhatian lebih karena melakukan hal yang tak pernah ditemui di lingkup Kerajaan Inggris.

Editor : Nathania Riris Michico