Hong Kong Tangkapi Puluhan Aktivis Pro-Demokrasi atas Tuduhan Akan Gulingkan Pemerintah

Anton Suhartono ยท Rabu, 06 Januari 2021 - 15:28:00 WIB
 Hong Kong Tangkapi Puluhan Aktivis Pro-Demokrasi atas Tuduhan Akan Gulingkan Pemerintah
Lester Shum (tengah) ditangkap polisi Hong Kong atas tuduhan berencana menggulingkan pemerintahan (Foto: Reuters)

HONG KONG, iNews.id - Kepolisian Hong Kong menangkap 53 aktivis pro-demokrasi dalam penggerebekan besar-besaran, Rabu (6/1/2021). Mereka dituduh akan menggulingkan pemerintahan dengan menggelar pemungutan suara tidak resmi untuk memilih kandidat oposisi dalam pemilihan umum.

Penggerebekan berlangsung di 72 tempat dimulai pada dini hari. Ini merupakan penangkapan besar-besaran sejak China memberlakukan undang-undang keamanan nasional yang baru sejak Juni 2020.

Penangkapan ini terkait pemungutan suara independen namun tidak mengikat pada Juli lalu untuk memilih kandidat oposisi di legislatif.

Sekitar 1.000 polisi dikerahkan dalam penggerebekan, termasuk menyasar kantor lembaga survei dan firma hukum.

Menteri Keamanan Hong Kong John Lee mengatakan, para aktivis itu bisa menyebabkan dampak serius di masyarakat. Pihak berwenang tidak akan menoleransi tindakan subversif apa pun.

"Operasi hari ini menargetkan elemen-elemen aktif yang diduga terlibat kejahatan penggulingan atau campur tangan untuk merusak tugas resmi pemerintah Hong Kong," kata Lee, dikutip dari Reuters.

Para kritikus dari kalangan prodemokrasi mengecam pemberlakuakn UU keamanan nasional karena membungkam kebebasan menyampaikan pendapat sejak Hong Kong diserahkan dari Inggris ke China pada 1997. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2