Ilmuwan Kaget, Ternyata Ada Jerapah Kerdil di Alam Liar

Djairan ยท Minggu, 10 Januari 2021 - 07:14:00 WIB
Ilmuwan Kaget, Ternyata Ada Jerapah Kerdil di Alam Liar
Jerapah kerdil bernama Nigel (kanan) berdiri di dekat jerapah jantan dewasa di salah satu hutan di Namibia, pada 2018. (Foto: Reuters)

JOHANNESBURG, iNews.idJerapah dikenal sebagai hewan betubuh tinggi besar dengan leher panjangnya yang tak dimiliki hewan lain. Namun kali ini ada yang berbeda. Para ilmuwan terkejut saat menemukan dua jerapah kerdil di Namibia dan Uganda.

“Sungguh menarik apa yang ditemukan oleh para peneliti kami di lapangan,” ujar Julian Fennessy, salah satu pendiri Yayasan Konservasi Jerapah di Afrika, dikutip Reuters, akhir pekan ini.

Kebanyakan jerapah tumbuh hingga 15-20 kaki (4,5 - 6 meter). Namun, pada 2018 para ilmuwan dari yayasan tersebut menemukan jerapah berukuran 8 1/2-kaki (2,6 meter) di Namibia. Tiga tahun sebelumnya, mereka juga menemukan jerapah setinggi 2,8 meter di Taman Margasatwa Uganda.

Mereka memublikasikan temuan tersebut di British Medical Journal pada akhir Desember 2020. Dalam kedua kasus tersebut, jerapah yang ditemukan memiliki leher serta kaki yang pendek. Kondisi tubuh itu dalam istilah medis disebut skeletal dysplasia, yang bisa dialami manusia dan hewan peliharaan.

Namun, hasil penelitian itu mengatakan kondisi tersebut jarang ditemukan pada hewan liar. Rekaman video yang diambil oleh yayasan menunjukkan, jerapah kerdil asal Uganda berdiri di atas kaki yang tebal dan berotot di sabana kering di taman nasional Air Terjun Murchison di Uganda utara.

Fennessy mengatakan, kemungkinan besar secara fisik tidak mungkin bagi mereka untuk berkembang biak seperti jerapah lain yang berukuran normal.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2