Ilmuwan Nuklir Dibunuh, Iran Kemungkinan Serang Fasilitas Israel di Beberapa Negara

Anton Suhartono ยท Jumat, 04 Desember 2020 - 12:49:00 WIB
Ilmuwan Nuklir Dibunuh, Iran Kemungkinan Serang Fasilitas Israel di Beberapa Negara
Iran kemungkinan serang fasiitas Israel di luar negeri untuk membalas pembunuhan Mohsen Fakhrizadeh (Foto: AFP)

TEL AVIV, iNews.id - Israel memperingatkan kemungkinan serangan terhadap fasilitasnya di luar negeri oleh Iran sebagai balasan atas terbunuhnya ilmuwan nuklir Mohsen Fakhrizadeh.

Biro anti-terorisme Israel menyatakan, Iran bisa menyerang kepentingan Israel yang berada di sekitar negaranya, seperti di Georgia, Azerbaijan, dan Turki.

"Mengingat ancaman baru-baru ini yang disampaikan oleh para pejabat Iran dan terkait dengan keterlibatan para pejabat Iran di masa lalu dalam serangan teror di berbagai negara, ada kekhawatiran Iran mencoba bertindak dengan cara ini terhadap Israel," demikian pernyataan Dewan Keamanan Nasional, dikutip dari Reuters, Jumat (4/12/2020).

Beberapa hari setelah pembunuhan, Israel dilaporkan memberlakukan status siaga tingkat tinggi di kedutaan besar seluruh dunia.

Para pejabat pemerinah dan militer Iran menyalahkan Israel atas pembunuhan Fakhrizadeh tepat sepekan lalu di luar Teheran. 

Penasihat pemimpin tertinggi Iran mengatakan, negaranya akan merespons pembunuhan tersebut dengan balasan yang terkalkulasi dan tegas.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2