India Siagakan Persenjataan dan Tank ke Perbatasan China di Lembah Galwan

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 12:46 WIB
 India Siagakan Persenjataan dan Tank ke Perbatasan China di Lembah Galwan

India kerahkan tank T-90 dan meriam howitzer di perbatasan dengan China (foto: ist)

LADAKH, iNews.id - India dilaporkan mengerahkan persenjataan ke Lembah Galawan wilayah timur Ladakh, lokasi bentrokan dengan tentara China terkait perbatasan.

Dilansir dari The Hindustan Times, Rabu (1/7/2020) siang WIB, militer India menyiagakan sejumlah meriam howitzer dan tank tipe T-90 yang bisa menembakan amunisi berdiameter 155 milimeter di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC).

Media lokal India tersebut menyebut pengerahan itu merupakan salah satu bagian dari kesepakatan damai dengan China terkait perbatasan dua negara. Sebelumnya, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) juga menempatkan kendaraan militernya dan membangun fasilitas pendukung di Lembah Galwan.

Hubungan China dan India terkait perbatasan di wilayah Ladakh sempat memanas pada Juni lalu. Tentara penjaga perbatasan dua negara terlibat bentrokan yang menyebabkan 20 tentara India tewas.

Baik China dan India saling tuding penyebab insiden berdarah tersebut. China mengklaim militer India melakukan provokasi, sedangkan India menyatakan memberikan perlawanan karena menjaga wilayah mereka dari upaya China menggeser batas wilayah.

Ini merupakan kali pertama sejak 1975 India dan China terlibat bentrokan militer fatal di sepanjang perbatasan dua negara, meskipun ketegangan perbatasan sudah berlangsung lebih dari tujuh dekade.

Pada 17 Juni lalu, Diplomat senior China, Wang Yi, sudah berbicara dengan Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, melalui saluran telepon. Keduanya sepakat untuk meredakan tensi mengenai perbatasan di Ladakh, wilayah pegunungan Himalaya.

Editor : Arif Budiwinarto