Infeksi Covid-19 di Brasil Kian Mendekati 1 Juta Kasus

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 07:17 WIB
Infeksi Covid-19 di Brasil Kian Mendekati 1 Juta Kasus

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. (Foto: AFP)

BRASILIA, iNews.idBrasil pada hari ini mencatat tambahan 1.269 kasus kematian akibat Covid-19. Ini menjadikan total kematian pasien virus corona di negara itu menjadi 46.510 jiwa, sekaligus menjadikannya sebagai yang terbesar kedua secara global setelah Amerika Serikat.

Selain itu, Kementerian Kesehatan Brasil juga mencatat 32.188 kasus baru Covid-19 sejak pembaruan data pada Selasa (16/6/2020). Dengan begitu, total kejadian infeksi corona yang dikonfirmasi di negeri samba kini menjadi 955.377 kasus, juga nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat.

Direktur Pan American Health Organization (PAHO), Carissa Etienne mengatakan, penanganan wabah di Brasil kini menjadi perhatian utama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pasalnya, negara terbesar di Amerika Latin itu menyumbang sekitar seperempat dari sekitar 4 juta kasus Covid-19 di seluruh daratan Amerika dan hampir 25 persen kematian yang ada di benua itu.

“Kami belum melihat (kurva) penularan melandai di Brasil,” kata Etienne dalam video konferensi dari Washington, AS, kemarin.

Penanganan wabah Covid-19 di Brasil menjadi amburadul lantaran pertempuran politik di antara para pejabat pemerintah negara. Presiden Jair Bolsonaro menganggap remeh virus itu, membandingkannya dengan flu biasa. Keangkuhan dan sikap keras kepala Bolsonaro membuatnya harus kehilangan menteri kesehatan dua kali hanya dalam tempo kurang dari sebulan.

Bolsonaro juga mengutuk kebijakan negara-negara bagian di Brasil membatasi pergerakan orang dan menutup tempat-tempat bisnis. Dia pun berkeras agar warga negaranya segera kembali bekerja untuk menghentikan kehancuran ekonomi raksasa di Amerika Selatan yang berpenduduk 210 juta orang itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil