Sering Buat Kontroversi, Menteri Pendidikan Brasil Mundur

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 07:25 WIB
Sering Buat Kontroversi, Menteri Pendidikan Brasil Mundur

Menteri Pendidikan Brasil, Abraham Weintraub. (Foto: AFP)

BRASILIA, iNews.idMenteri Pendidikan Brasil, Abraham Weintraub, mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis (18/6/2020). Pengumuman itu menyusul keterlibatan sang menteri dalam serangkaian kontroversi dan skandal yang menjadi sorotan publik negeri samba.

“Kali ini benar, saya meninggalkan Kementerian Pendidikan,” ungkap Weintraub dalam sebuah video singkat yang diunggah di laman Twitter seperti dikutip AFP. Dalam video itu, Weintraub tampak berdiri di samping Presiden Brasil, Jair Bolsonaro.

Weintraub, yang memiliki latar belakang sebagai ekonom, mengatakan bahwa dia akan melepaskan jabatannya sebagai menteri pendidikan dalam beberapa hari mendatang. Dia akan memulai pekerjaan barunya di Bank Dunia.

Sejak menjabat pada April tahun lalu, Weintraub menjadi salah satu menteri paling kontroversial di Brasil. Komentar anti-China yang dia unggah di Twitter menjadi pemberitaan utama lantaran secara luas dianggap sebagai bentuk sikap rasial. Dia juga pernah menyebut para hakim di Mahkamah Agung Brasil adalah penjahat yang harus dijebloskan ke penjara.

Pada Minggu (14/6/2020) lalu, Weintraub kena denda karena tidak mengenakan masker saat menghadiri aksi unjuk rasa pro-Bolsonaro di Kota Brasilia. Padahal, pengunaan masker di depan umum telah diwajibkan pemerintah sejak April untuk mengekang penyebaran virus corona (Covid-19).

Editor : Ahmad Islamy Jamil