Infeksi Covid-19 India Tembus 7 Juta Kasus, Hampir Salip AS

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 11 Oktober 2020 - 15:43 WIB
Infeksi Covid-19 India Tembus 7 Juta Kasus, Hampir Salip AS

Petugas kesehatan di India mengambil sampel tes swab Covid-19 dari salah satu warga. (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id – Infeksi Covid-19 India terus melonjak signifikan hingga melampaui 7 juta kasus pada Minggu (11/10/2020). Jumlah tersebut membuat India semakin dekat untuk menyalip Amerika Serikat sebagai negara dengan kasus infeksi virus corona paling banyak di dunia.

Data Kementerian Kesehatan India menunjukkan, terdapat 75.000 kasus baru Covid-19 yang dikonfirmasi dalam 24 jam terakhir. Dengan begitu, total kejadian infeksi virus corona di negeri anak benua itu kini menjadi 7,05 juta kasus, berada di urutan kedua secara global setelah AS yang kini mencatat total 7,67 juta kasus.

Para ahli mengatakan, jumlah kasus Covid-19 yang sebenarnya di India mungkin jauh lebih tinggi. Pasalnya, tingkat pengujian di negara yang luas dengan 1,3 miliar penduduk itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan banyak negara lain.

Hipotesis itu dibuktikan oleh serangkaian penelitian yang mengukur antibodi terhadap virus corona di antara populasi India yang menunjukkan tingkat infeksi bisa beberapa kali lebih tinggi daripada yang tercatat secara resmi oleh pemerintah.

Peningkatan infeksi di India terjadi karena pemerintah di sana mencabut kebijakan pembatasan Covid-19 untuk menyelamatkan ekonomi negara itu. Pada Jumat (9/10/2020 lalu, Perdana Menteri India, Narendra Modi, meluncurkan kampanye kesadaran massal. Lewat kampanye itu, dia mendorong masyarakat untuk memakai masker, menjaga kebersihan tangan, dan menjaga jarak fisik.

“Upaya kolektif kita telah membantu menyelamatkan banyak nyawa. Kita harus melanjutkan momentum dan melindungi warga kita dari virus,” kata Modi dikutip AFP.

Pasien Covid-19 yang meninggal dunia di India mencapai 108.334 jiwa per Minggu ini. Jumlah itu juga lebih rendah daripada kematian akibat wabah corona di AS dan negara-negara lain yang punya beban kasus infeksi tinggi di dunia.

Amerika Serikat sejauh ini telah mencatat 214.000 kematian. Sementara Brasil, dengan total hampir 5,1 juta kasus, sampai hari ini telah kehilangan hampir 150.000 nyawa penduduknya akibat Covid-19.

Editor : Ahmad Islamy Jamil