Ini Kemampuan Kapal Selam Singapura yang Bantu Pencarian KRI Nanggala 402

Anton Suhartono ยท Jumat, 23 April 2021 - 09:03:00 WIB
Ini Kemampuan Kapal Selam Singapura yang Bantu Pencarian KRI Nanggala 402
Kapal selam penyelamat Singapura DSAR 6 akan diterjunkan untuk membantu pencarian KRI Nanggala 402 di perairan Bali (Foto: The Straits Times)

JAKARTA, iNews.id - Singapura memberangkatkan kapal penyelamat Swift Rescue dilengkapi kapal selam untuk membantu pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan Bali.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengatakan, kapal diberangkatkan secepat mungkin pada Rabu sore setelah Panglima Angkatan Laut negara itu mendapat permintaan dari Indonesia. Diperkirakan kapal akan tiba pada Sabtu (24/4/2021) setelah menempuh perjalanan 1.500 kilometer.

Ng mengatakan, hubungan militer Singapura dengan Indonesia sangat erat, terbukti dengan latihan rutin yang digelar setiap tahun melibatkan semua tingkatan.

Bukan hanya tim pencarian, kru MV Swift Rescue juga dilengkapi tim medis untuk membantu perawatan hiperbarik jika diperlukan.

Lantas apa kemampuan MV Swift Rescue? Kapal itu mampu melaju dengan kecepatan maksimal 12 knot dan dapat melakukan operasi SAR di laut selama 28 hari nonstop. Perangkat paling mendukung di MV Swift Rescue adalah kapal selam Deep Search and Rescue Six (DSAR 6).

DSAR 6 mampu masuk hingga kedalaman laut ratusan meter serta menempel di kapal selam, menyelamatkan penumpang, dan mengevakuasi mereka ke permukaan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2