Intelijen Korsel: Tak Ada Tanda-Tanda Kim Jong Un Jalani Operasi Jantung

Antara ยท Rabu, 06 Mei 2020 - 14:48 WIB
Intelijen Korsel: Tak Ada Tanda-Tanda Kim Jong Un Jalani Operasi Jantung

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, beberapa waktu lalu sempat menghilang selama beberapa pekan. Berbagai spekulasi pun muncul atas ketiadaannya di hadapan publik tersebut.

Ada yang menduga, Kim habis menjalani operasi jantung sehingga harus memulihkan diri di satu tempat yang jauh dari jangkauan media. Akan tetapi, intelijen Korea Selatan tidak melihat adanya tanda-tanda Kim Jong Un menjalani operasi jantung ketika menghilang selama tiga pekan itu.

“Kim hanya mengurangi aktivitasnya mengingat kekhawatiran virus corona,” ungkap Kantor Berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan pada Rabu (6/5/2020).

Jumat (1/5/2020) pekan lalu, Kim kembali tampil ke publik saat menghadiri peresmian pabrik pupuk di suatu tempat di Korea Utara. Namun, fotonya saat mengikuti acara itu baru dilansir media resmi pemerintah setempat keesokan harinya, Sabtu (2/5/2020).

Ini sekaligus menjadi laporan pertama kemunculan Kim di hadapan publik sejak 11 April. Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) pada pertemuan anggota komite intelijen parlemen menyatakan bahwa laporan yang menyebut Kim Jong Un menjalani operasi jantung selama menghilang sama sekali tak berdasar.

“Dia menjalankan tugasnya seperti biasa ketika hilang dari pandangan publik,” kata salah satu anggota komite intelijen Korsel, Kim Byung Kee.

Dia menuturkan, Kim Jong Un hanya tampil 17 kali di depan publik sejak Januari lalu, dibandingkan dengan rata-rata 50 kali pada periode Januari-April di tahun sebelumnya. NIS menganggap berkurangnya frekuensi penampilan Kim itu lantaran adanya wabah virus corona (Covid-19) di Korea Utara.

Kendati demikian, Korut sampai sejauh ini mengaku tidak memiliki catatan kasus Covid-19 yang terkonfirmasi. Menteri Unifikasi Korsel, Kim Yeon Chul, yang mengawasi urusan Korut, mengatakan bahwa ketidakhadiran Kim di hadapan publik tidak terlalu luar biasa sebab negara itu mengambil langkah ketat untuk mencegah wabah virus corona.

“Tak dapat ditepis bahwa terdapat wabah di Korea Utara. Kim Jong Un fokus pada konsolidasi urusan dalam negeri seperti pasukan militer dan pertemuan partai, dan kekhawatiran virus corona semakin membatasi gerak-geriknya di hadapan publik,” ujar Kim Byung Kee.

Berita Lain Bisa Dibaca di Okezone.com: Pejabat Trump Abaikan Peringatan Virus Corona

Editor : Ahmad Islamy Jamil