Jelang Pilpres, Kelompok Pemberontak Inisiatif Umumkan Gencatan Sejata 10 Hari

Umaya Khusniah · Selasa, 17 Mei 2022 - 06:15:00 WIB
Jelang Pilpres, Kelompok Pemberontak Inisiatif Umumkan Gencatan Sejata 10 Hari
Kelompok pemberontak Kolombia, Tentara Pembebasan Nasional Kolombia (ELN) mengumumkan gencatan senjata selama 10 hari. (Foto: Reuters)

BOGOTA, iNews.id - Kelompok pemberontak Kolombia, Tentara Pembebasan Nasional Kolombia (ELN) mengumumkan gencatan senjata selama 10 hari. Langkah itu diambil agar memungkinkan pemilihan presiden pada 29 Mei berlangsung damai. 

"Kami mendekritkan gencatan senjata sepihak dari pukul 0:00 pada 25 Mei hingga pukul 24:00 pada 3 Juni. Bagi mereka yang ingin memilih, dapat melakukannya dengan damai," kata kelompok pemberontak itu dalam sebuah pernyataan. 

Mereka menambahkan, bila diserang terlebih duku, maka kelompok itu akan membela diri. Selain itu, kelompok pemberontak bersedia untuk melanjutkan pembicaraan damai yang dihentikan oleh Presiden Ivan Duque pada Januari 2019. 

Pembicaraan damai dihentikan hanya sehari pascakelompok itu melakukan pengeboman di akademi kepolisian Bogota. Sebanyak 21 polisi tewas dan 68 lainnya luka. 

Presiden Duque mengatakan dia tidak mau berunding dengan pemberontak. Pasalnya, pemberontak menolak menghentikan serangan terhadap penduduk dan pasukan keamanan.

"Proses Perdamaian dengan ELN adalah kesempatan terbaik untuk mengatasi masalah prioritas negara seperti korupsi, pembunuhan pemimpin sosial dan perdagangan narkoba," bunyi pernyataan itu.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda