Jepang dan Australia Teken Pakta Pertahanan, Modal untuk Hadapi Ancaman China?

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 17 November 2020 - 23:05:00 WIB
Jepang dan Australia Teken Pakta Pertahanan, Modal untuk Hadapi Ancaman China?
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (kanan) dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison saat berada di Tokyo, Selasa (17/11/2020). (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.idJepang dan Australia menyepakati pakta pertahanan yang menjadi terobosan bagi hubungan kedua negara. Pakta itu bakal memfasilitasi kunjungan timbal balik untuk pelatihan dan operasi militer Jepang dan Australia.

Pakta yang dinamai Perjanjian Akses Timbal Balik itu semakin memperkuat hubungan pertahanan antara kedua sekutu AS tersebut, di saat China semakin menegaskan perannya di kawasan Asia Pasifik. Sementara, Amerika Serikat saat ini sedang melalui transisi kepemimpinan dari Donald Trump ke Joe Biden.

Kerangka hukum yang mengizinkan pasukan Jepang dan Australia untuk mengunjungi negara mitra satu sama lain dan melakukan pelatihan serta operasi bersama itu, pada prinsipnya telah disetujui oleh Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison. Persetujuan diperoleh dalam kunjungan Morrison ke Tokyo, kemarin.

“Di kawasan Indo-Pasifik, kerja sama pertahanan dan keamanan antara Jepang dan Australia, yang memiliki kemauan dan kapasitas untuk berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas kawasan, menjadi semakin penting,” kata Suga dalam konferensi pers bersama, dikutip Reuters, Selasa (17/11/2020).

“Saya dengan ini mengumumkan bahwa kami pada prinsipnya mencapai kesepakatan tentang perjanjian akses timbal balik, yang telah dinegosiasikan untuk meningkatkan kerja sama keamanan dan pertahanan antara Jepang dan Australia ke tingkat yang baru,” tuturnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil