Jepang Perluas Keadaan Darurat Covid-19 ke 7 Wilayah, Apa Kabar Olimpiade Tokyo?

Djairan ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 14:23:00 WIB
Jepang Perluas Keadaan Darurat Covid-19 ke 7 Wilayah, Apa Kabar Olimpiade Tokyo?
Jepang akan perluas status keadaan darurat Covid-19 ke 7 prefektur terkait lonjakan kasus (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id - Pemerintah Jepang berencana memperluas keadaan darurat Covid-19 ke beberapa wilayah lain. Mulanya keadaan darurat diberlakukan di Tokyo pada pekan lalu. Ada tujuh prefektur lagi yang akan berstatus sama dengan Tokyo demi mencegah penyebaran Covid-19.

Gubernur Osaka, Kyoto, serta lima prefektur lain sudah mengajukan kepada pemerintah pusat untuk menetapkan keadaan darurat. Keputusan itu akan memberi dasar hukum kepada pemerintah daerah untuk membatasi pergerakan warga.

Dalam pertemuan panel penasihat pemerintah, Menteri Perekonomian Jepang Yasutoshi Nishimura meminta persetujuan untuk menambahkan Osaka, Kyoto, Hyogo, Fukuoka, Aichi, Gifu, dan Tochigi, dalam daftar wilayah berstatus darurat mulai Kamis (14/1/2021).

Menteri Kesehatan Jepang Norihisa Tamura mengatakan, tak ada tindakan lain yang bisa dilakukan selain menerapkan keadaan darurat untuk membendung lonjakan kasus.
 
“Kecuali jika kita mampu mengendalikan infeksi di kota-kota besar, sementara kita tidak bisa menghentikan penyebarannya, terlebih secara nasional,” ujar dikutip dari Reuters.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga diperkirakan akan mengumumkan rencana tersebut dalam konferensi pers, Rabu (13/1/2021), pukul 19.00 waktu setempat.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2