Jet Tempur Rusia Jatuh Setelah Gagal Lakukan Manuver Lingkaran, 2 Pilot Tewas

Anton Suhartono ยท Kamis, 05 September 2019 - 13:23 WIB
Jet Tempur Rusia Jatuh Setelah Gagal Lakukan Manuver Lingkaran, 2 Pilot Tewas

Jet tempur Rusia Su-27 jatuh setelah gagal bermanuver (Foto: Kemhan Rusia/East2West)

MOSKOW, iNews.id - Jet tempur Sukhoi Su-27 Rusia jatuh menghujam tanah dan meledak seketika saat pilotnya melakukan manuver dengan berputar atau membuat lingkaran, Rabu (4/9/2019).

Dua pilot tewas seketika karena tak sempat keluar menggunakan kursi pelontar dalam kecelakaan militer yang terjadi di wilayah Stavropol itu.

(Jet tempur latih Su-27/Kemhan Rusia-East2West)

Korban diketahui bernama Mayor Yuri Bortsov dan Kapten Atryom Lychev. Mereka berasal dari Skuadron Udara 368.

Kecelakaan terjadi karena pilot gagal melakukan manuver bernama Nesterov Loop itu dengan sempurna, menggunakan pesawat latih.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan kuatnya hantaman pesawat ke tanah meninggalkan lubang sedalam 3 meter. Tim penyelamat mendapati jenazah dua pilot dalam kondisi mengenaskan karena tak utuh dan terbakar. Petugas bahkan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan potongan tubuh yang berserakan terbawa empasan ledakan.

(Jet tempur Su-27 jatuh setelah gagal bermanuver/Kemhan Rusia-East2West)

Diketahui hidung pesawat menghujam tanah terlebih dulu. Pesawat bermanuver membuat putaran vertikal yang dikenal berbahaya.

Sementara itu Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, jet tempur Su-27 lepas landas dari Pangkalan Udara Buddyonovsk dan tidak membawa amunisi.

Editor : Anton Suhartono