Joe Biden Sebut Pasukan AS Akan Bela Taiwan, Gedung Putih: Pernyataan Pribadi

Anton Suhartono ยท Selasa, 20 September 2022 - 10:21:00 WIB
Joe Biden Sebut Pasukan AS Akan Bela Taiwan, Gedung Putih: Pernyataan Pribadi
Kurt Campbell (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden soal pasukannya akan membantu Taiwan jika diserang China mendapat perhatian serius Gedung Putih. Koordinator Indo-Pasifik Gedung Putih Kurt Campbell menegaskan pernyataan itu mewakili pendapat pribadi Biden, bukan pemerintah AS.

Menurut Campbell, kebijakan AS soal Taiwan tak berubah, yakni masih mengakui wilayah itu bagian dari China dan tak mendorong kemerdekaannya. 

"Saya tidak yakin, pantas untuk membuat pernyataan dari Gedung Putih hari ini sebagai pernyataan mundur dari presiden," kata Campbell, dalam sebuah forum di Washington, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/9/2022).

"Pernyataan presiden untuk diri sendiri. Saya kira kebijakan kami tetap konsisten dan tidak berubah dan akan terus berlanjut," ujarnya, menambahkan.

Pernyataan bahwa pasukan AS akan membela Taiwan jika wilayah itu diserang China disampaikan Biden dalam wawancara di program 60 Minutes CBS News yang tayang pada Minggu lalu. Ini merupakan pernyataan paling gamblang Biden soal ketegangan China dan Taiwan. 

"Iya, jika pada kenyataannya terjadi serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Biden, menjawab pertanyaan pembawa acara, apakah pasukan AS akan membela Taiwan jika diserang.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda